Operasi SAR Diperpanjang Tiga Hari, Jumlah Korban Masih 10 Orang

Banjir Bandang Humbang Hasundutan
Sumber :
  • Humas BNPB

Padang – Proses pencarian dan pertolongan terhadap korban yang masih dinyatakan hilang atas peristiwa banjir bandang di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara (Sumut), diperpanjang hingga tiga hari terhitung sejak Sabtu pekan kemarin hingga Selasa 12 Desember 2023 .

Tragedi Banjir Lahar Dingin Semeru: 3 Warga Lumajang Meninggal Dunia

Menurut Kepala Basarnas Sumut, Budiono, perpanjangan itu dilakukan mengingat upaya pencarian dan pertolongan hingga hari ketujuh masih belum membuahkan hasil. Sementara korban yang sudah ditemukan berjumlah dua orang dalam keadaan meninggal dunia dan 10 lainnya masih dinyatakan hilang.

"Dilanjutkan tiga hari. Saat ini saya ikut membantu pencarian dari atas air," kata Kepala Basarnas Sumut, Budiono, Senin 11 Desember 2023.

Gunung Api Ruang Meletus Dahsyat

Skema yang dipakai dalam operasi SAR ini kata Budiono, masih menyasar di tiga sektor. Sektor pertama di wilayah perairan baik di atas permukaan maupun di dasar air, kedua di sisi kiri jalan pesisir Danau Toba dan yang ketiga adalah sisi kanan jalan mengarah ke hulu.

"Skema masih sama. Ada tiga sektor yang kita mainkan," jelas Budiono.

Banjir Bandang Terjang Musi Rawas Utara

Ia menjelaskan, operasi SAR tersebut masih memberdayakan personel gabungan mulai dari tim anjing pelacak K-9 SAR Direktorat Samapta Polda Sumut bersama tim alat berat dari BPBD Kabupaten Humbang Hasundutan dan Dinas PUPR guna menyisir sektor dua dan tiga.

Kemudian tim Basarnas Special Group dan Polairud untuk pencarian di sektor satu di dasar Danau Toba serta tim permukaan perairan oleh Basarnas, BPBD Humbang Hasundutan dibantu tim Aquaeye untuk menyisir wilayah perairan dalam menggunakan alat monitor khusus.

Halaman Selanjutnya
img_title