Posko Siaga Gunung Marapi Didirikan Pasca Kenaikan Status Level III

Erupsi Marapi
Sumber :
  • Padang Viva/Andri Mardiansyah

Padang – Asisten Satu Sekretariat Daerah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Rahman menyebut pihaknya sudah mendirikan posko siaga Marapi menyusul kenaikan status gunung Marapi dari level II (Waspada) menjadi level III (Siaga). 

Gubernur Sumbar Tekankan Kolaborasi untuk Percepatan Pembangunan Sawahlunto

Posko itu kata Rahman, didirikan di dua tempat dengan resiko tinggi terdampak yakni di kawasan Batu Palano dan Bukit Batabuah. Lalu, menyusul satu posko di wilayah Limo Kampung. Tujuannnya, untuk penyelenggaraan komando dan koordinasi.   

"Kita juga mendata jumlah pasti warga yang berada di radius tidak aman sesuai apa yang diarahkan atau direkomendasikan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG),"kata Rahman, Jumat 12 Januari 2024

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

Ia menjelaskan, pendirian posko siaga Gunung Marapi itu disepakati pasca digelar rapat koordinasi di Desa Batu Palano bersama TNI, Polri, perwakilan dari PVMBG dan Wali Nagari atau Kepala Desa setempat.

Selain posko siaga kata Rahman, pihaknya juga sudah menyiapkan titik-titik pengungsian agar kemudian tujuan penyelamatan atau evakuasi bisa tercapai.

PDI Perjuangan Sumatera Barat Menang Atas Gugatan Leo Murphy

Terkait dengan tanggap darurat, menurut Rahman pihaknya akan mengkaji ulang. Jika kemudian penetapan status tanggap darurat dirasa perlu, maka akan dikoordinasikan setelah melakukan pendataan dan monitoring di lapangan. 

"Pemerintah Kabupaten Agam akan melihat perkembangan dan evaluasi melalui Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) selaku koordinator lapangan bekerjasama dengan TNI-Polri,"tutupnya.