Kenaikan Harga Sayur-Mayur di Padang Panjang Meroket Akibat Erupsi Gunung Marapi

Ilustrasi Sawi
Sumber :
  • Pixabay

Padang – Akibat erupsi Gunung Marapi yang menyebabkan paparan abu vulkanik, harga sayur-mayur di Kota Padang Panjang mengalami kenaikan. Kenaikan harga terjadi pada sawi bola yang naik mencapai Rp5 ribu atau 62,50 persen. Buncis naik 20 persen dan wortel naik 22,22 persen.

Naik Level Awas, Warga Dilarang Dekati Radius 6 Kilometer Dari Puncak Gunung Ruang

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Padang Panjang, Ade Nafrita Anas menyebut, kenaikan harga ini disebabkan oleh puluhan hektare lahan pertanian yang terdampak abu vulkanik. Akibatnya, produksi sayur-mayur menurun.

"Tomat hanya 30 persen yang bisa dipanen dengan baik. Untuk cabai, umumnya yang terdampak terhadap pembibitan," kata Ade Nafrita Anas, Selasa 16 Januari 2024

Akses Jalan Padang-Bukittinggi Lumpuh Total Akibat Dihantam Banjir Lahar Dingin

Selain itu, menurut Ade, kenaikan harga juga dipengaruhi oleh faktor cuaca yang tidak menentu. Curah hujan yang tinggi menyebabkan proses distribusi sayur-mayur menjadi terhambat.

Meski demikian, Pemerintah Kota Padang Panjang kata Ade telah melakukan sejumlah upaya untuk mengantisipasi kenaikan harga sayur-mayur. Salah satunya adalah dengan melakukan penyuluhan kepada petani untuk menerapkan teknik pertanian yang tepat.

Pagi ini Gunung Marapi Erupsi Lagi