BNPB Berikan Bantuan Pangan dan Non-Pangan Bagi Korban Banjir Riau

Kepala BNPB Suharyanto (tengah)
Sumber :
  • Humas BNPB

Padang – Banjir masih merendam sejumlah daerah di Provinsi Riau. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, Jumat 19 Januari 2024 menyalurkan bantuan pangan dan non-pangan.

Banjir Tiga Kecamatan di Musi Rawas Utara Berangsur Surut

Suharyanto mengatakan, hingga hari ini masih ribuan masyarakat yang mengungsi akibat banjir. Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau per Rabu kemarin, total warga mengungsi berjumlah 2.523 kepala keluarga (9.930 jiwa). Pengungsian tersebar di enam kabupaten, yaitu Pelalawan, Rokan Hilir, Inhu, Dumai, Bengkalis dan Siak.

Dari pantauan udara, Suharyanto menyebut bahwa dampak banjir juga mengakibatkan terganggunya akses jalan penghubung provinsi mulai dari Sumatra Utara, Sumatra Barat sampai ke Provinsi Riau, ada yang tergenang air. Menurutnya, ini membutuhkan penanganan secara komprehensif.

51.812 Jiwa Terdampak Banjir Bandang Musi Rawas Utara

Suharyanto menambahkan, warga terdampak rata-rata sudah mengungsi lebih dari satu minggu. Pihaknya mengharapkan banjir dapat segera surut dan masyarakat dapat beraktivitas normal.

BNPB memberi bantuan pangan dan non-pangan kepada pemerintah daerah di tingkat kabupaten/kota dan provinsi. Selain bantuan tersebut, BNPB memberikan dana siap pakai (DSP) untuk 10 wilayah kabupaten/kota sebesar Rp250 juta, sedangkan Provinsi Riau Rp350 juta.

Penanganan Darurat Tetap Berlanjut Meskipun Status Gunungapi Ruang Turun menjadi Level III

Pemerintah daerah yang menerima bantuan pangan dan non-pangan yaitu Kabupaten Bengkalis, Rokan Hilir, Kuantan Singingi, Kampar, Kepulauan Meranti, Rokan Hulu, Indragiri Hilir, Pelalawan, Inhu dan Kota Pekanbaru.