PUPR-PKPP Riau Fokus Benahi Infrastruktur Rusak Akibat Banjir

Ilustrasi Banjir
Sumber :
  • PIxabay

Padang – Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) Provinsi Riau melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jalan dan Jembatan Wilayah I tengah membenahi infrastruktur yang rusak akibat banjir di Kota Pekanbaru dan Kabupaten Siak.

Tragedi Banjir Lahar Dingin Semeru: 3 Warga Lumajang Meninggal Dunia

Kepala UPT Jalan dan Jembatan Wilayah I, Khairil Anwar mengatakan, pihaknya saat ini tengah fokus menangani drainase di kiri kanan jembatan Siak IV Kota Pekanbaru. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya banjir di pangkal jembatan tersebut.

"Fokus kita jangan sampai terjadi banjir di pangkal Jembatan Siak IV Pekanbaru. Jadi air yang mengalir di drainase tidak terhambat menuju Parit Belanda," kata Khairil Anwar dikutip dari siaran resminya, Senin 22 Januari 2024.

Tragedi Tanah Longsor Tana Toraja: 20 Korban Meninggal Dunia Ditemukan Tim Gabungan 

Selain di Pekanbaru, pihaknya juga tengah melakukan perbaikan box culvert di Kabupaten Siak, tepatnya pada ruas jalan provinsi, Sepotong-Teluk Mesjid-Simpang Pusako. Perbaikan ini dilakukan karena box culvert mengalami kerusakan akibat longsor.

"Di Kabupaten Siak, terjadi longsor yang mengakibatkan box culvert mengalami kerusakan. Jadi box culvert jatuh ke sungai lalu pecah, itu yang kita tangani saat ini," ujarnya.

Bantu Wilayah Terdampak Bencana, BMHS Berikan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Di samping itu, Khairil mengatakan bahwa pihaknya akan konsentrasi perbaikan jalan yang berlubang di Kota Pekanbaru, Kabupaten Siak, dan Kabupaten Pelalawan.

"Yang sudah kita tuntaskan misalnya jalan berlubang menuju Jembatan Siak IV. Jalan ini berlubang cukup dalam pasca banjir ada yang dalamnya sampai 60 centimeter, dan tadi malam sudah selesai kita benahi," tutupnya.