Jokowi Serahkan Bantuan Stimulan Kepada Petani Gagal Panen di Jawa Tengah

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • Humas BNPB

Padang – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan bantuan stimulan kepada 1.360 petani yang terdampak gagal panen akibat banjir di Jawa Tengah.

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

Bantuan tersebut diberikan kepada petani di lima kabupaten dan kota, yaitu Grobogan, Jepara, Demak, Pati, dan Kudus. Besaran bantuan stimulan yang diberikan adalah Rp8 juta per hektare.

Penyerahan bantuan yang dilakukan pada Selasa kemarin. Jokowi berharap, bantuan tersebut dapat segera diterima oleh para petani sehingga mereka dapat segera menanam padi kembali.

Banjir Tiga Kecamatan di Musi Rawas Utara Berangsur Surut

"Moga-moga dalam waktu yang sangat dekat realisasi uangnya bisa segera diterima para petani dan langsung bisa dipakai untuk tandur, tanam, tandur, tanam, dan segera panen. Kalau sudah panen kita tidak usah banyak impor-impor lagi dari negara lain karena mereka juga sekarang ini juga mengerem semuanya, enggak jual berasnya," kata Jokowi dikutip dari siaran persnya, Rabu 24 Januari 2024.

Jokowi menjelaskan bahwa dampak perubahan iklim semakin nyata membawa peningkatan jumlah dan intensitas bencana hidrometeorologi basah yang berdampak salah satunya pada sektor pertanian.

51.812 Jiwa Terdampak Banjir Bandang Musi Rawas Utara

Berdasarkan data BNPB tahun 2023 kata Jokowi, terdapat 136 kabupaten dan kota di 20 provinsi yang terdampak gagal panen akibat banjir. Total lahan terdampak adalah 110.383,80 hektar dan 54.442,42 hektar diantaranya mengalami gagal panen (puso).

Akibatnya, sedikitnya 22 negara menghentikan kebijakan ekspor berasnya dan memilih untuk mengamankan stok berasnya untuk kebutuhan dalam negerinya. Oleh karena itu, Jokowi menyebut bahwa petani memiliki peran sentral bagi Indonesia dalam pemenuhan kebutuhan pangan.

Halaman Selanjutnya
img_title