Anies Baswedan Tegaskan Tak Akan Bubarkan Ormas, Prioritaskan Penegakan Hukum

Capres Anies Baswedan
Sumber :
  • Dok Anies Baswedan

Padang – Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan menegaskan bahwa ia tidak akan membubarkan organisasi masyarakat (ormas) apa pun, termasuk Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dan Front Pembela Islam (FPI), bila terpilih menjadi Presiden RI kelak.

Pilgub DKI, Surya Paloh Pilih Sahroni Ketimbang Anies Baswedan

Hal itu disampaikan Anies saat menjawab pertanyaan Anggota DPR RI dari Fraksi Nasdem M Farhan di acara Ngajabarkeun Abah Anies, di The Papandayan Hotel, Bandung, Jawa Barat, Minggu, 28 Januari 2024.

Farhan sebelumnya menyinggung demokrasi dalam budaya Indonesia, dan menanyakan apakah Anies akan melakukan normalisasi terhadap organisasi yang pernah dibubarkan oleh pemerintah beberapa tahun ini?.

Sah Menang, Prabowo Subianto Sampaikan Terima Kasih Untuk Rakyat Indonesia

"Sebut aja namanya jangan takut," kata Anies kepada Farhan.

"Apakah Abah akan melakukan normalisasi terhadap FPI dan HTI?" sahut Farhan.

Masyarakat Sumbar Dari Kacamata Anies Baswedan

Anies menjelaskan bahwa Indonesia adalah negara hukum. Setiap warga negara memiliki hak untuk berserikat, berkumpul, dan berkegiatan sepanjang tidak melanggar aturan hukum.

"Negara tidak bisa mengatur pikiran. Negara tidak bisa mengatur perasaan. Yang negara bisa atur adalah perbuatan. Bila melakukan perbuatan yang melawan hukum, maka hukum yang mengambil tindakan untuk mendisiplinkan," kata Anies.

Halaman Selanjutnya
img_title