Anies Baswedan Kritik Jokowi Bagi-bagi Bansos Tak Libatkan Risma

Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dani Randi (Banda Aceh)

PadangCalon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan, mengkritik fenomena bagi-bagi bantuan sosial (bansos) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Salah satunya, penyaluran bansos tak pernah melibatkan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini yang juga merupakan kader PDIP.

PDI Perjuangan Sumatera Barat Menang Atas Gugatan Leo Murphy

"Ini kan lagi-lagi (soal) tata kelola negara itu ada aturannya, nah negara enggak boleh diatur pakai selera, itulah yang mau kami kembalikan," ujar Anies di Padepokan Kalisoga, Brebes, Jawa Tengah, dikutip, Rabu, 31 Januari 2024.

Diketahui, Jokowi kerap melibatkan menteri selain Risma dalam penyaluran bansos. Sementara, Kementerian Sosial (Kemensos) merupakan otoritas yang memiliki kewenangan itu.

Pilgub DKI, Surya Paloh Pilih Sahroni Ketimbang Anies Baswedan

Anies menambahkan bahwa setiap kementerian sudah punya tugas yang harus dijalankan masing-masing. Hal ini, kata dia, mencegah terjadinya saling tumpang tindih.

"Bila program itu pengelola sektornya adalah menteri sosial ya jalankan, bila ada program pengelola sektornya itu menteri perindustrian ya menteri perindustrian yang dikerjakan," ujarnya.

Sah Menang, Prabowo Subianto Sampaikan Terima Kasih Untuk Rakyat Indonesia

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku tak ingin kondisi yang terjadi saat ini terus berlanjut. Anies berkomitmen mengembalikan sistem ketatanegaraan berjalan semestinya.

"Tapi kalau itu di dikacaukan tata negara kita menjadi rusak, pertanyaannya apakah ini mau dilanjutkan, apakah ini mau dibiarkan? Saya rasa rakyat menginginkan dikembalikan ketatanan yang benar," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title