Menteri Koordinator Mahfud Tegaskan Komitmen untuk Tangkap Harun Masiku Jika Keberadaannya Diketahui

Mahfud MD
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dani Randi (Banda Aceh)

PadangMenteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan sekaligus calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud MD, menegaskan komitmennya untuk menangkap Harun Masiku, buronan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), jika keberadaannya berhasil diketahui.

Menteri Erick Thohir Resmikan Sentra Kuliner di Bukittinggi

Sejak ditetapkan sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO) oleh KPK, keberadaan politikus dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) tersebut menjadi misteri. "Jika ada informasi mengenai keberadaannya, harap segera sampaikan kepada saya. Saya akan bertindak untuk menangkapnya," ujar Mahfud saat berbicara dalam diskusi "Tabrak, Prof" di Banda Aceh, pada Rabu malam, 31 Januari 2024.

Mahfud menyatakan bahwa ia sebelumnya telah menyampaikan kepada KPK untuk menindaklanjuti penangkapan terhadap 15 buronan kasus korupsi, termasuk Harun Masiku. Meskipun demikian, ia menegaskan bahwa pada saat itu pihaknya tidak ingin terlalu ikut campur dalam proses internal KPK.

Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2024 di Padang Panjang Tuntas

Harun Masiku telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK dalam kasus dugaan pemberian hadiah atau janji kepada penyelenggara negara terkait penetapan calon anggota DPR RI terpilih periode 2019-2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Namun, Harun Masiku hingga kini belum juga memenuhi panggilan penyidik KPK untuk pemeriksaan, sehingga ia terus dicari dan ditetapkan sebagai DPO oleh KPK sejak Januari 2020.

"Semua Pemilu Dituduh Curang oleh yang Kalah" Kembali Viral di Tengah Isu Kecurangan Pemilu 2024