Badan Bahasa dan Komisi X DPR RI Dorong Pemutakhiran KBBI Edisi VI

Diseminasi Kamus Besar Bahasa Indonesia
Sumber :
  • Humas Kemendikbud

Padang – Literasi kebahasaan dan kesastraan merupakan salah satu program prioritas Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbudristek.

Pilkada Lawan Kotak Kosong di Dharmasraya Batal ?

Program literasi kebahasaan dan kesastraan ini termasuk di antaranya pengembangan kosakata bahasa Indonesia yang diwujudkan melalui pemutakhiran produk KBBI.

Kepala Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra, Imam Budi Utomo menyebut saat ini, masyarakat dapat memanfaatkan produk KBBI edisi VI secara daring dengan mengunjungi laman kbbi.kemdikbud.go.id atau mengunduh aplikasi KBBI VI melalui gawai atau ponsel pintar. 

Harmony in the Pacific: Jembatan Budaya Indonesia dengan Negara Pasifik 

"Pada pembaruan berikutnya, rencananya, jumlah entri akan ditambah dari 120 ribu hingga mencapai 200 ribu,"kata Imam Budi Utomo melalui keterangan resminya, Selasa 3 September 2024. 

Badan Bahasa kata Imam, selalu terbuka dalam memberi layanan dan senantiasa mengutamakan kepuasan masyarakat.

Pemuda Indonesia Berkarya, Musik Tradisional Kembali Bersinar di Lokovasia 2024

Badan Bahasa juga akan berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait dalam mengembangkan suatu program sehingga dapat mempermudah dan mengefektifkan kinerja, misalnya dari KBBI ini yang dikerjasamakan juga dengan Oxford University dan Lexicom Limited UK.

Anggota Komisi X DPR RI, Ferdiansyah, menambahkan bahwa saat ini bahasa Indonesia menduduki peringkat kesebelas bahasa yang paling sering digunakan di dunia menurut Ethnologue, 2024. Padahal, jumlah penduduk Indonesia merupakan terbesar keempat di dunia. 

Halaman Selanjutnya
img_title