KRI Diponegoro-365 dan Kapal Perang Yunani Bertemu di Laut Mediterania

KRI Diponegoro-365
Sumber :
  • Dispenal

Padang – Pada hari Minggu, 4 Februari 2024, Kapal perang TNI AL, KRI Diponegoro-365, yang tengah menjalankan misi sebagai Satgas Maritime Task Force (MTF) 488 UNIFIL, bertemu dengan kapal perang Yunani HS Limnos F-451 di Area of Maritime Operation (AMO) Perairan Mediterania, Lebanon. Pertemuan ini menjadi momen penting bagi kedua angkatan laut untuk meningkatkan kerjasama bilateral.

Terkait Pemberian Gelar Jenderal TNI Kehormatan kepada Prabowo, Kritik Muncul atas Kenaikan Pangkat

Dalam keterangan resmi Dispenal yang dilansir oleh VIVA Militer pada Selasa, 6 Februari 2024, Kadispenal Laksma TNI I Made Wira Hadi Arsanta menjelaskan bahwa salah satu kegiatan yang dilakukan oleh KRI Diponegoro-365 adalah melakukan latihan bersama dengan kapal perang asing di laut lepas. Salah satu latihan yang dilakukan adalah Mail Bag Transfer Exercise, yang melibatkan pengiriman barang ringan antara kedua kapal.

Dansatgas MTF TNI Konga XXVIII/O UNIFIL, Letkol Laut (P) Wirastyo Haprabu, menyatakan bahwa meskipun kesempatan berinteraksi secara bilateral sulit diperoleh karena pola operasi yang telah ditetapkan, latihan semacam ini penting untuk berbagi ilmu dan pengalaman, serta memperkuat hubungan bilateral antara kedua angkatan laut.

Panglima Mutasi dan Rotasi Jabatan Strategis TNI

Dalam latihan tersebut, kapal perang Yunani, HS Limnos F-451, bertindak sebagai kapal penerima dan melaksanakan pendekatan kepada KRI Diponegoro-365, diikuti dengan penembakan gunline untuk pengiriman tali pendahuluan dan tali jarak. Setelah latihan selesai, kedua kapal melakukan parade sebelum bermanuver keluar formasi untuk kembali ke daerah operasi masing-masing.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali juga menekankan pentingnya menjaga hubungan diplomasi dan kerjasama yang baik dengan negara-negara sahabat bagi seluruh prajurit Jalasena yang terlibat dalam misi perdamaian dunia, untuk mewujudkan tujuan bersama menuju kejayaan Angkatan Laut.

335 Personel Dikerahkan Amankan TPS di Kalteng, Kapolda Tekankan Netralitas