Banjir Cilacap Surut, Warga Kembali ke Rumah, Perbaikan Permanen Tanggul Segera Dilakukan

Banjir Cilacap
Sumber :
  • Humas BNPB

Padang – Banjir di Desa Bantarsari, Kecamatan Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, mulai surut pada Sabtu 2 Maret 2024. Sekitar 450 warga yang sebelumnya mengungsi kini telah kembali ke rumah masing-masing.

Sempat Lumpuh, Rute Padang-Bukittinggi Kembali Bisa Dilalui 

Diketahui, banjir ini terjadi pada Jumat pagi kemarin yang disebabkan meluapnya Sungai Cimeneng setelah hujan lebat dan tanggul jebol. Ketinggian air mencapai 50-60 cm dan merendam pemukiman di 3 RT.

Tim gabungan dari BPBD, TNI, Polri, dan perangkat desa telah menangani tanggul jebol dan melakukan penyedotan air. Dapur umum juga didirikan di dua lokasi untuk menyediakan makanan bagi warga terdampak.

Akses Jalan Padang-Bukittinggi Lumpuh Total Akibat Dihantam Banjir Lahar Dingin

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cilacap, Bayu Prahara mengatakan, tanggul jebol telah ditambal dengan alat berat, batu, dan tanah.

"Tanggul jebol sudah ditangani. Wilayah terdampak berangsur surut setelah tim melakukan penyedotan air dan pagi ini sudah bersih dari genangan," kata Bayu, Sabtu 2 Maret 2024.

Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi Terjang Pemukiman Warga

Lebih lanjut, Bayu mengatakan, BPBD bersama BBWS Citanduy Banjar berencana melakukan perbaikan permanen tanggul untuk mengantisipasi banjir di masa depan.

"Perbaikan permanen tanggul segera dilakukan untuk mencegah banjir terulang kembali," tutup Bayu.