Gunung Marapi Erupsi Lagi, Status Siaga Masih Berlaku

Erupsi Marapi
Sumber :
  • Padang Viva

Padang –  Gunung Marapi di Sumatera Barat mengalami erupsi pada hari Selasa, 7 Maret 2024. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Pengamat Gunung Api Marapi mencatat erupsi ini terjadi pada pukul 06.42 WIB

PDI Perjuangan Sumatera Barat Menang Atas Gugatan Leo Murphy

Data rilis Pos Pengamat Gunung Marapi, kolom abu pada erupsi kali ini dapat teramati dengan ketinggian mencapai 400 meter di atas puncak

Kolom abu terpantau berwarna kelabu dengan intensitas sedang dan condong mengarah kebagian barat. Erupsi ini juga terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 4.5 milimeter dan durasi sekitar 49 detik.

PSPS Siap Tempur! Luncurkan Tim dan Jersey Baru Jelang Kick Off Liga 3 Putaran Nasional

Meski intensitas erupsi Marapi terus meningkat, namjun PVMBG masih menetapkan status Gunung Mara[i berada pada level III atau siaga dengan beberapa rekomendasi seperti, masyarakat di sekitar Gunung Marapi, pendaki, pengunjung, dan wisatawan, dilarang memasuki dan melakukan kegiatan dalam radius 4.5 kilometer dari pusat erupsi (Kawah Verbeek).

Lalu, masyarakat yang bermukim di sekitar lembah, aliran, dan bantaran sungai, diminta untuk selalu mewaspadai potensi bahaya lahar, terutama saat musim hujan.

Koper CJH Maksimal 32 Kg, Simak Penjelasan Kemenag Sumbar

Jika terjadi hujan abu, maka sebaiknya mengenakan masker untuk melindungi pernapasan, serta perlengkapan lain untuk melindungi mata dan kulit.

Serta, amankan sarana air bersih dan bersihkan atap rumah dari abu vulkanik tebal untuk mencegah atap rumah roboh.