Tanggul Sungai Wulan Jebol, 11 Kecamatan di Kabupaten Demak Terendam Banjir 

Ilustrasi banjir
Sumber :
  • Humas BNPB

Padang – Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari menyebut tanggul Sungai Wulan yang berada di perbatasan Kabupaten Demak dan Kudus, Jawa Tengah jebol pada Minggu kemarin. Kejadian ini, merupakan kali kedua pascabanjir Demak pada awal bulan Februari 2024 yang lalu

Banjir Tiga Kecamatan di Musi Rawas Utara Berangsur Surut

"Laporan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Demak mencatat, sebanyak 89 desa di 11 kecamatan terendam banjir dengan ketinggian antara 30 hingga 80 sentimeter,"kata Abdul Muhari, Senin 18 Maret 2024.

Abdul merinci, Kecamatan terdampak banjir antara lain Kecamatan Demak, Kecamatan Karangtengah, Kecamatan Sayung, Kecamatan Mranggen, Kecamatan Wonosalam, Kecamatan Karanganyar, Kecamatan Karangawen, Kecamatan Kebonagung, Kecamatan Guntur, Kecamatan Dempet, Kecamatan Gajah.

51.812 Jiwa Terdampak Banjir Bandang Musi Rawas Utara

"Sebanyak 93.149 jiwa terdampak dan 22.725 jiwa diantaranya mengungsi. Pemerintah Kabupaten Demak telah mendirikan lokasi pengungsian di 45 titik,"ujar Abdul Muhari.

Hingga saat ini kata Abdul, BPBD Kabupaten Demak masih bersiaga dengan kondisi banjir. Personil Pusdalops BPBD Kabupaten Demak Rizka melaporkan ketinggian air di wilayah Demak kota pada pagi ini mencapai lutut orang dewasa. Sementara itu arus banjir di ruas jalan Demak-Kudus semakin deras dan berpotensi membahayakan perahu evakuasi.

Penanganan Darurat Tetap Berlanjut Meskipun Status Gunungapi Ruang Turun menjadi Level III

"BPBD Kabupaten Demak masih berusaha mengevakuasi warga terdampak banjir bersama TNI, POLRI, BPBD Kabupaten/Kota se Jawa Tengah, dan relawan,"tutup Abdul Muhari.