Pemko Padang Panjang Minta Warga Sekitar Bantaran Sungai Waspadai Bencana Susulan

Dampak banjir lahar dingin gunung marapi
Sumber :
  • Padang Viva / Andri Mardiansyah

Padang – Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Padang Panjang, Winarno, mengimbau warga yang tinggal di sekitar aliran sungai untuk tetap waspada terhadap potensi bencana banjir bandang dan lahar dingin susulan.

Distribusi Air Untuk Korban Banjir Lahar Dingin Sudah 265.000 Liter 

"Kewaspadaan ini bukan berarti panik, tetapi agar kita siap siaga dan tanggap dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana,"kata Winarno, Jumat 24 Mei 2024 

Winarno menjelaskan bahwa, berbagai upaya penanganan banjir bandang dan lahar dingin sudah dilakukan, termasuk normalisasi sungai di Lubuk Mata Kucing dan Sungai Sikakeh di kawasan SMA N 1 Sumatera Barat, Sigando.

Bencana Galodo Sungai Manau Ditangani Cepat, Pemkab Solok Selatan Kirim Alat Berat dan Bantuan Beras

Pengerjaan normalisasi sungai ini dibantu oleh Balai Besar Wilayah Sungai dan UPTD Pelayanan Sumber Daya Air (PSDA). Namun, Winarno meminta penambahan operator dan alat berat untuk mempercepat proses normalisasi.

Winarno juga mengajukan beberapa usulan terkait infrastruktur yang terdampak bencana seperti, pembangunan jembatan. Ia mengusulkan mengubah gorong-gorong di SMA N 1 Sumbar menjadi jembatan untuk mencegah penyumbatan.

Ratusan Hektar Lahan Gagal Panen, Masyarakat Pauh Duo Terima Bantuan Beras dari Pemerintah

Lalu, rekonstruksi jalan, Winarno mendesak rekonstruksi jalan yang rusak di Tanjung dan Lubuk Mata Kucing karena merupakan akses utama bagi warga.

Winarno menegaskan komitmen pemerintah daerah untuk terus melakukan upaya penanganan bencana dan membantu masyarakat yang terdampak. Ia juga berpesan kepada warga untuk selalu waspada dan mengikuti arahan dari petugas.