Jemaah Haji Indonesia di Imbauan Gunakan Jasa Pendorong Kursi Roda Resmi

Keberangkatan JCH Kloter Pertama Embarkasi Haji Padang
Sumber :
  • Kemenag Sumbar/Rina

Padang – Jemaah haji Indonesia telah mulai tiba secara bertahap di Makkah untuk melaksanakan umrah wajib. Bagi jemaah yang membutuhkan kursi roda, diimbau untuk menggunakan jasa pendorong resmi di Masjidil Haram.

Kemenag Layani Lansia dan Disabilitas dengan Istimewa Saat Menjalankan Ibadah Haji

Anggota Media Center Kementerian Agama, Widi Dwinanda, menyebut setibanya di hotel Makkah, petugas haji akan mendata dan mengelompokkan jemaah yang menggunakan kursi roda, yang sebagian besar merupakan jemaah lanjut usia, disabilitas, dan berisiko tinggi. Petugas juga akan mengatur pelaksanaan umrah bagi jemaah pengguna kursi roda.

“Didampingi petugas, para jemaah tersebut akan masuk ke bus shalawat yang dilengkapi akses naik kursi roda untuk dibawa ke Masjidil Haram,” kata Widi dikutip melalui keterangan resminya, Jumat 24 Mei 2024.

Jemaah Haji Diminta Istirahat Cukup Sebelum Umrah Wajib

Petugas kata Widi, juga akan memastikan jemaah mengenakan pakaian ihram dengan benar, berwudu, dan membimbing mereka dalam berdoa sebelum naik bus shalawat. 

“Sepanjang perjalanan ke Masjidil Haram, petugas haji terus membimbing dan memimpin jemaah bertalbiyah,” ujarnya.

393 Jamaah Calon Haji Sudah Terbang ke Tanah Suci

Untuk memfasilitasi prosesi Tawaf dan Sa’i bagi jemaah lanjut usia dan disabilitas, menurut Widi, pengelola Masjidil Haram menyediakan layanan penyewaan pendorong kursi roda dan skuter. 

“Pengelola Masjidil Haram menyediakan jalur khusus bagi jemaah yang menggunakan jasa pendorong kursi roda dan skuter,” katanya lagi.

Halaman Selanjutnya
img_title