Hadir di Bukittinggi, Sekjen Kwarnas Ajak Generasi Muda Ikuti Pramuka

Sekjen Kwarnas Mayjen TNI (Purn) Bachtiar Utomo (tengah)
Sumber :
  • Istimewa

Padang – Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional Mayjen TNI (Purn) Bachtiar Utomo ajak generasi muda mengikuti kegiatan Pramuka sejak dini.

Solok Selatan Bawa Pulang Predikat Juara I Lomba Defile dan Yel-Yel PKK  

Hal ini disampaikannya saat menghadiri Jambore Daerah X tingkat Sumatera Barat yang berpusat di Kota Bukittinggi pada Selasa 20 Agustus 2024.

Mayjen TNI (Purn) Bachtiar Utomo mengatakan upaya Kwarnas terhadap enerasi muda yaitu mewajibkan pramuka ke seluruh anak sekolah karena gerakan pramuka sangat penting.

Khairunas Sebut Pramuka Wadah Pembinaan Generasi Muda Untuk Pembangunan Masa Depan

"Kegiatannya positif, berkaitan dengan pendidikan karakter, tata krama, etika budi pekerti, nasionalisme, cinta tanah air dan bela negara, intinya penggalian nilai-nilai," kata Sekjen Kwarnas di dampingi Kakwarda Sumbar Audy Joinaldy.

Ia menjelaskan Pramuka juga berkaitan secara kognitif, knowledge, dan skill, dimana saat ini Pramuka berupaya menata kembali kurikulum yang disesuaikan dengan tuntutan zaman saat ini.

Disematkan Lencana Melati Pramuka, Wako Padang Bertekad Jadikan Padang Kota Pramuka

"Terutama generasi penerus, suka tidak suka, pramuka harus membenahi ini, termasuk di era digitalisasi, kurikulum sudah harus disesuaikandan juga termasuk adanya latihan kepemimpinan atau leadership, manajemen, dan kegiatan yangberkaitan dengan ketahanan pangan," katanya.

Sehingga dikatakanya bahwa gerakan pramuka dapat menjadi wadah bagi penerus bangsa ke depan untuk membentuk karakteragar dapat membangun SDM yang lebih baik.

Halaman Selanjutnya
img_title