Realisasi Belanja Pemprov Sumbar Tahun Kemarin Mencapai 94,95 Persen

Gubernur Mahyeldi. Foto/Andri Mardiansyah
Sumber :

Padang – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi mengklaim jika menutup tahun anggaran 2022, kinerja anggaran pemerintah provinsi Sumatera Barat menunjukan kondisi yang sangat baik. 

Polda Sumbar serahkan jenazah korban banjir bandang ke keluarga

Menurutnya, jika dilihat pada sisi Pendapatan Daerah, khususnya Pendapatan Asli Daerah yang realisasinya surplus 100,93 persen. Sementara dari sisi Belanja juga memperlihatkan indikator yang cukup baik yaitu mencapai 94,95 persen dengan sisa anggaran tahun 2022 lebih kurang Rp281,18 miliar.

Meski menunjukkan pencapaian positif, menurut Mahyeldi, Pemprov Sumbar akan melakukan evaluasi-evaluasi demi perbaikan ke depan, khususnya terhadap OPD yang serapan anggarannya dibawah target.

Lestarikan Adat Untuk Jaga Generasi Muda

"Alhamdulillah, serapan anggaran mencapai 95,6 persen. OPD yang dibawah target, akan dievaluasi oleh masing-masing asisten,"kata Mahyeldi, Senin 2 Januari 2023.

Sementara itu, Kepala Bappeda Sumbar, Medi Iswandi menjelaskan, untuk pendapatan, jika dibandingkan dengan realisasi tahun 2021 secara nominal meningkat sebesar Rp296,31 miliar atau 11,61 persen.

Kelola Dana Miliaran, Aparatur Nagari Harus Paham Aturan dan Tupoksi

Lebih lanjut Medi, Pendapatan Asli Daerah dinominasi oleh Pendapatan Pajak Daerah yang mengalami surplus 103,84 persen. Hal ini menjadi indikator membaiknya kondisi perekonomian Sumbar yang dibarengi dengan meningkatnya kepatuhan wajib pajak serta beberapa inovasi seperti inovasi "Program 5 Untung" yang dilaksanakan oleh Pemprov Sumbar dengan dukungan penuh Kepolisian Daerah Sumbar. 

"Dalam halnya pendapatan transfer yang dinominasi dari DAU dan DAK juga memperlihat kondisi sangat baik dengan realisasi mencapai 97,33 persen. Secara keseluruhan kinerja Pendapatan Daerah tahun 2022 mencapai 99,13 persen,"ujar Medi.

Halaman Selanjutnya
img_title