Cara Pemko Padang Panjang Antisipasi Lonjakan Kasus Campak

Ilustrasi Vaksin
Sumber :
  • Pixabay

Padang – Dinas Kesehatan Kota Padang Panjang, Sumatra Barat kini berupaya meningkatkan promosi kesehatan (Promkes) agar terhindar dari Kejadian Luar Biasa (KLB) Campak, menyusul masuknya Sumatera Barat dalam daftar 12 provinsi dengan status KLB Campak.

Aktivitas Erupsi Gunung Marapi Meningkat, Pemrov Sumbar Minta Masyarakat Tetap waspada

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Kota Padang Panjang, Rahmaisa menjelaskan, jika campak merupakan penyakit sangat menular yang disebabkan oleh virus dan dapat mengakibatkan kematian yang sebagian besar disebabkan komplikasi.

Gejala klinis campak adalah demam dan ruam maculopapular ditambah dengan salah satu gejala batuk atau pilek atau mata merah.

Tim Safari Ramadhan Provinsi Sumbar Kunjungi Masjid Darussalam Solsel

"Di Kota Padang Panjang terdapat dua kasus positif yang ditetapkan berdasarkan hasil pemeriksaan spesimen oleh Litbangkes Kemenkes RI. Kedua kasus ini menyerang balita di Kelurahan Bukit Surungan dan Kelurahan Tanah Hitam,"kata Rahmaisa melalui keterangan tertulisnya, Kamis 26 Januari 2023.

Menurut Rahmaisa, berdasarkan Buku Pedoman Penyelidikan dan Penanggulangan KLB Penyakit Menular dan Keracunan Pangan disebutkan, jika hasil pemeriksaan kasus pada CBMS, ditemukan minimal dua spesimen positif IgM Campak dan ada hubungan epidemiologi dapat dikatakan sebagai KLB Campak Pasti.

Pesona Hoyak Tabuik Kota Pariaman Masuk 110 Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024

"Saat ini yang sudah kami lakukan adalah dengan melakukan Penyelidikan Epidemiologi (PE) ke lokasi penderita untuk melihat gambaran penyakit dan melihat tata laksana dan penanggulangan yang sudah dilakukan serta untuk menentukan saran dan rekomendasi terhadap kedua pasien tersebut,"ujarnya.

Berdasarkan hasil PE tersebut, Rahmaisa bilang bahwa ada rekomendasi yang dikeluarkan. Diantaranya, melaksanakan sistem  kewaspadaan dini selama dua kali masa inkubasi penyakit dan meningkatkan promkes kepada masyarakat.

Halaman Selanjutnya
img_title