Rekomendasi Makanan dan Minuman Saat Berbuka Puasa Ramadhan

Makanan Kolak
Sumber :
  • Pixabay.com

PADANG – Bulan Suci Ramadhan 2023 yang penuh berkah dan ampunan akan tiba besok Kamis, 23 Maret 2023. Momen yang sering ditunggu-tunggu yaitu saat menjelang berbuka puasa.

Kolak Delima, Perpaduan Manis dan Segar Yang Bikin Ketagihan

Biasanya, untuk menunggu adzan magrib mereka melakukan rutinitas ngabuburit bersama rekan kerja, keluarga, atau sahabat. Ngabuburit bisa dengan menonton televisi, ngobrol asyik, atau mencari makanan untuk berbuka. Ini biasanya dilakukan oleh para perantau.

Nah saat berbuka puasa, memang dianjurkan untuk makan atau minum-minuman yang manis. Tapi, ada juga yang langsung berbuka puasa dengan gorengan atau makanan yang lain karena dianggap lebih menggoda. Lebih baik, kamu menyiapkan dan berbuka puasa dengan yang manis-manis. Apa alasannya?

Maknyusnya Kolak Labu Kuning Yang Bikin Ketagihan 

Pada saat berbuka sebaiknya tidak makan dan minum terlampau banyak. Sebab, langsung makan makanan berat dengan porsi yang banyak justru akan membebani kerja lambung yang sudah dibiarkan istirahat sekitar 13 jam.

Untuk berbuka puasa umumnya di mulai dengan makanan manis-manis, mengikuti sunah Nabi, dengan tujuan agar tubuh segera mendapatkan glukosa untuk menormalkan gula darah yang menurun selama 13 jam berpuasa.

Batra, Ulat Sagu Kaya Protein yang Jadi Kuliner Khas Andalan Tanah Sikerei 

Menu pembuka dapat berupa sirup manis, teh manis, aneka kolak, kurma, dan makanan manis lainnya. Makanan dan minuman manis sangat mudah dicerna sehingga segera mengembalikan kesegaran tubuh.

Dikutip dari Sahijab.com dan dari Dinas Kesehatan Provinsi NTB, porsi energi saat berbuka sebaiknya sekitar 10-15 persen dari total kebutuhan energi sehari. Hindari minum-minuman dingin atau yang dicampur es saat berbuka.

Halaman Selanjutnya
img_title