Progres Rencana Proyek Flyover Sitinjau Lauik Sudah Masuk Tahap Penyelesaian Amdal

Sumail Abdullah
Sumber :
  • Padang Viva/Andri Mardiansyah

Padang – Anggota komisi V DPR RI dari Fraksi Gerindra, Sumail Abdullah menyebut jika rencana proyek pembangunan flyover alias jembatan layang Sitinjau Lauik, kota Padang, Sumatera Barat dalam waktu dekat akan segera terlealisasi dengan menerapkan konsep Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha. (KPBU).

Gubernur Sumbar Tekankan Kolaborasi untuk Percepatan Pembangunan Sawahlunto

Komisi V DPR RI kata Sumail, Kamis kemarin sudah meninjau kawasan Sitinjau Lauik. Ia bilang, melihat padatnya aktivitas kendaraan dan kondisi rute yang ekstrem menjadikan rencana proyek flyover di lokasi ini penting untuk segera direalisasi. 

Menurut Sumail, selain dapat memberikan manfaat sosial berupa pemerataan pembangunan, dan peningkatan aksesibilitas, keberadaan flyover Sitinjau Lauik kedepannya juga menjadi solusi mengurai persoalan kemacetan hingga mengurangi angka kecelakaan.

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

"Rencana proyek pembangunan Flyover Sitinjau Lauik ini, pertama kali diinisiasi atau diaspirasi oleh Andre Rosiade, anggota DPR-RI dari Komisi VI, dengan konsep KPBU. Sumatera Barat memang dapilnya Andre ya. Konsern nya terhadap pembangunan di dapilnya sangat besar. Salah satunya, mega proyek flyover Sitinjau Lauik ini,"kata Sumail Abdullah dikutip dari keterangan resminya, Jumat 23 Juni 2023. 

Dijelaskan Sumail, progres atau perkembangan terkini dari rencana pembangunan flyover Sitinjau Lauik sudah memasuki tahapan penyelesaian dokumen Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal). Selain itu, juga masih berproses melengkapi dokumen Rancang Bangun Rinci atau Detail Engineering Design (DED). 

PDI Perjuangan Sumatera Barat Menang Atas Gugatan Leo Murphy

Harapannya ke depan kata Sumail, tentu secara ekonomi, sosial, dan secara lingkungan akan berdampak besar dengan keberadaan flyover ini. Dari sektor ekonomi, tentu juga akan memberikan perhatian (efisiensi biaya) kepada operasional kendaraan.

"Yang jelas, pembangunan flyover ini penting untuk segera direalisasi. Ini merupakan sebuah mega proyek yang didapatkan masyarakat Sumbar. Hasil perjuangan Andre Rosiade,"tutup Sumail Abdullah.