Mas Menteri Sandi Dorong Desa Wisata Penerima Dana DPUP Buka Lapangan Kerja Baru

Menparekraf Sandiaga Uno
Sumber :
  • Padang VIVA

Padang – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mendorong desa-desa wisata penerima bantuan dana dukungan Pengembangan Usaha Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (DPUP) untuk membuka lapangan kerja baru. Menyusul kondisi ekonomi yang mulai melambat.

Ratusan Warga Pesisir Selatan Terjangkit Diare

"Jadi, kita perlu membuka lapangan kerja. Targetnya membuka 4,4 juta lapangan kerja. Sekarang harga-harga mulai merangkak menaik. Nah, ini harus kita bantu dengan kegiatan-kegiatan yang bisa membantu ekonomi demi masyarakat. Sehingga, beban hidup masyarakat tidak terlalu berat,"kata Sandiaga Uno melalui siaran persnya, Senin 11 September 2023.

Khusus di Sumatera Barat kata Sandi, terdapat Tiga desa wisata yang sudah lolos kurasi dan berhak mendapatkan bantuan dana DPUP di tahun ini. Ketiga desa wisata itu adalah, desa wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu yang terletak di Kabupaten Tanah Datar, desa wisata Saribu Gonjong di Kabupaten Lima Puluh Kota, dan desa wisata Sungai Batang di Kabupaten Agam. 

Pasutri Pedagang Emas di Limapuluh Kota Dirampok, Suami Tewas Istri Luka-Luka

"Selamat kepada ketiga desa wisata ini karena, telah berhasil mendapatkan dana DPUP,"ujar Sandiaga.

Sandi bilang, terkait dengan dana bantuan DPUP untuk tiga desa wisata di Sumatera Barat itu, akan dicairkan langsung ke rekening Bumdes atau Pemerintah Desa terkait. Yang mana selanjutnya, bersama dengan pengelola desa wisata, dana tersebut bisa segera dimanfaatkan untuk pengadaan peralatan pendukung usaha di bidang Atraksi Wisata, Kuliner, Fesyen, dan Kriya.

Jalan Tol Padang-Pekanbaru Seksi Padang-Sicincin Ditargetkan Tuntas Juli 2024

"Kemenparekraf sangat mengapresiasi upaya Pemprov mengembangkan potensi Parekraf salah satunya melalui desa wisata. Kami berharap, program DPUP ini bisa secara nyata memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi pengembangan usaha bidang Parekraf desa wisata dan, mempercepat pertumbuhan dan kebangkitan ekonomi secara berkelanjutan khususnya kesejahteraan masyarakat sesuai dengan potensi dan sumber daya lokal di masing-masing desa wisata,"kata Sandi. 

Menteri Sandi mengingatkan kepada pihak pengelola desa wisata yang mendapatkan dana DPUP, agar dapat menerapkan unsur 3A yakni, aksesibilitas, amenitas, dan atraksi agar bisa berkembang semakin baik. Aksesibilitas. kata Sandi meliputi kekuasaan pemerintah untuk membangun secara cepat, infrastruktur menuju desa-desa wisata. 

Halaman Selanjutnya
img_title