Kota Padang Disebut Menteri Sandi Punya Potensi Desa Wisata Yang Luar Biasa

Menparekraf Sandiaga Uno dan Walikota Padang Hendri Septa
Sumber :
  • Padang Viva

Padang – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menilai jika kota Padang, Sumatera Barat memiliki potensi desa wisata yang luar biasa. Dari 12 desa wisata Padang yang tercatat, salah satunya yakni desa wisata Nurbaya yang saat ini sudah masuk dalam jejaring desa wisata dengan kategori desa wisata rintisan.

Pasutri Pedagang Emas di Limapuluh Kota Dirampok, Suami Tewas Istri Luka-Luka

"Maka dari itu, kita mendorong Pemrov Sumbar bersama dengan Pemko Padang untuk mengembangkan potensi dan sumber daya desa wisatanya sehingga dapat berpartisipasi dalam program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) dan program Dukungan Pengembangan Usaha Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (DPUP),"kata Sandiaga Uno melalui siaran persnya, Senin 11 September 2023.

Terkait dengan desa wisata, menurut Sandi terdapat tiga desa wisata di Sumatera Barat yang sudah lolos kurasi dan berhak mendapatkan bantuan dana DPUP untuk tahun ini. 

Jalan Tol Padang-Pekanbaru Seksi Padang-Sicincin Ditargetkan Tuntas Juli 2024

Ketiga desa wisata kata Sandi, antara lain desa wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu yang terletak di Kabupaten Tanah Datar, desa wisata Saribu Gonjong di Kabupaten Lima Puluh Kota, dan desa wisata Sungai Batang di Kabupaten Agam. 

"Selamat kepada ketiga desa wisata ini karena telah berhasil mendapatkan dana DPUP,"ujar Sandiaga.

Pengakuan Status Hutan Adat di Pasaman Barat Segera Diajukan

Sandi berjanji, dana bantuan DPUP untuk ketiga desa wisata itu, dalam waktu dekat akan segera dicairkan melalui rekening Bumdes atau Pemerintah Desa terkait. Agar kemudian, bersama dengan pengelola desa wisata, dana tersebut bisa segera dimanfaatkan untuk pengadaan peralatan pendukung usaha di bidang Atraksi Wisata, Kuliner, Fesyen, dan Kriya.

"Dalam waktu dekat, akan segera dicairkan melalui rekening Bumdes atau Pemerintah Desa terkait. Kita mendorong, desa wisata yang menerima bantuan dana DPUP ini nantinya bisa membuka lapangan kerja baru. Apalagi mengingat, kondisi ekonomi kita yang mulai melambat,"tutup Sandi.