Nagari Lubuak Tarok Meriahkan Tradisi Berkaul Adat: Kearifan Lokal Menuju Unesco Global Geopark

Tradisi Berkaul Adat di Kabupaten Sijunjung.
Sumber :
  • Diskominfo Sijunjung

PadangNagari Lubuak Tarok, sebuah komunitas yang kaya akan tradisi dan budaya, sekali lagi menghormati warisan leluhur mereka dengan mengadakan acara Berkaul Adat yang meriah. 

Menjaga Eksistensi Silek Galombang Duobaleh

Acara berlangsung di Korong Tingga, Jorong Jampu Lipo, pada Senin kemarin, dan dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, Plt Sekretaris Daerah Sijunjung Khamsiardi, serta sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat setempat.

Bupati Benny merasa sangat bangga dengan upaya pelestarian budaya yang dilakukan oleh masyarakat Nagari Lubuak Tarok. 

Gubernur Mahyeldi: Jumlah Perantau Disinyalir Melebihi Jumlah Penduduk Sumbar

"Keragaman budaya adalah sebuah anugrah, dan kekayaan budaya yang dimiliki Kabupaten Sijunjung memang pantas dilestarikan. Apalagi ini sejalan dengan dukungan Geopark Ranah Minang Silokek menuju Unesco Global Geopark," ungakap Bupati dalam sambutannya, dikutip Rabu 27 September 2023.

Selain itu, Bupati Benny juga membahas rencana pembangunan yang akan dilaksanakan di Nagari Lubuak Tarok. Pemkab Sijunjung akan berusaha memenuhi program-program pembangunan secara bertahap dan berterima kasih kepada masyarakat setempat atas dukungan mereka terhadap pembangunan di wilayah tersebut.

Walikota Padang Sebut Generasi Muda Tak Banyak Yang Mengenal Seni Bela Tradisional

Ninik Mamak Dt. Bandari Sati menjelaskan pentingnya tradisi Berkaul Adat ini, yang merupakan ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas hasil panen

"Tradisi Berkaul Adat setiap tahunnya adalah salah satu pusaka yang diwarisi secara turun temurun. Kegiatan ini terselenggara berkat iuran dari hasil panen anak cucu kemanakan yang ada di Kenagarian Lubuak Tarok," ungkapnya dengan penuh kebanggaan.