Gubernur Sumbar Bakal Buka ICH Fest 2023 di Payakumbuh  

Gubernur Sumbar Mahyeldi. Foto/Andri Mardiansyah
Sumber :

PadangGubernur Sumatera Barat Mahyeldi Anshrullah direncanakan membuka secara resmi Intangible Cultural Heritage Festival (ICHF) 2023 malam ini, Kamis, 12 Oktober di Payakumbuh.Kepastian ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan, Provinsi Sumatera Barat Drs, Syaifullah, MM.

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

“Sampai saat ini, Beliau menyatakan hadir dalam pembukaan Festival Budaya Takbenda ini,” kata Syaifullah, Kamis 12 Oktober 2023. 

Dijelaskan Syaifullah, ICHF 2023 sendiri merupakan iven kebudayaan internasional yang diikuti oleh lima negara antara lain Inggris, India, Belanda, Malaysia, dan Singapura. ICHF 2023 akan menghadirkan Warisan Budaya Takbenda Dunia yang ada di negara-negara tersebut.

Gubernur Mahyeldi: Jumlah Perantau Disinyalir Melebihi Jumlah Penduduk Sumbar

India, misalnya, akan mempertunjukkan Kallaripayatu. Seni beladiri tertua di India yang mula-mula berkembang di Kerala, wilayah India yang menganut sistem kekerabataan matrilineal. Kallaripayatu telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda Dunia oleh UNESCO pada 2016.

Sementara Malaysia akan menghadirkan Dondang Sayang, kesenian tradisional berbalas pantun dengan iringan berbagai alat musik. Pantun sendiri telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda Dunia Malaysia dan Indonesia pada 2020.

Pemprov Sumbar Perkuat Kerjasama Dengan Kerajaan Arab Saudi

ICHF 2023 akan berlangsung hingga 17 Oktober 2023 nanti di tiga titik di Payakumbuh, yaitu Agamjua Art and Culture Caffe, GOR M Yamin, dan Payobasung.

“Ini adalah satu-satunya festival di Indonesia untuk peringati 20 tahun program Warisan Budaya Takbenda Dunia UNESCO. Payakumbuh memang sangat potensial untuk dijadikan kota pelaksana iven-iven internasional. Ke depannya kita akan rancang festival lebih besar,” kata Ketua DPRD Supardi.

Halaman Selanjutnya
img_title