Galanggang Arang Singgah di Padang Panjang, Antusiasme Masyarakat Tinggi

Pertunjukkan kesenian
Sumber :
  • Padang Viva

Padang – Kota Padang Panjang menjadi titik pertama dari rangkaian Galanggang Arang yang digelar di delapan kabupaten dan kota di Sumatera Barat. Acara ini berlangsung selama dua hari, yakni pada 7 dan 8 November 2023, di Stasiun Kereta Api Kota Padang Panjang.

PDI Perjuangan Sumatera Barat Menang Atas Gugatan Leo Murphy

Acara ini sudah dibuka secara resmi oleh PJ Walikota Padang Panjang, Sony Budaya Putra, pada Selasa kemarin. Dalam sambutannya, Sony mengatakan bahwa Galanggang Arang merupakan bentuk aktivasi terhadap Warisan Budaya Dunia WTBOS.

“Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dorongan semangat kepada penyelenggara di titik-titik berikutnya,”ujar Sony melalui siaran persnya, Rabu 8 November 2023.

PSPS Siap Tempur! Luncurkan Tim dan Jersey Baru Jelang Kick Off Liga 3 Putaran Nasional

Ia menyebut, antusiasme masyarakat Kota Padang Panjang terhadap Galanggang Arang sangat tinggi. Hal ini terlihat dari banyaknya masyarakat yang hadir untuk menyaksikan berbagai acara yang digelar, mulai dari upacara pembukaan, dialog warisan budaya, pameran, lomba gambar bercerita, hingga pertunjukan berkonsep situs khusus.

“Kami sangat senang bisa ikut menyaksikan Galanggang Arang. Acara ini sangat menarik dan informatif,” ujar salah seorang pengunjung, Siti Fatimah.

Koper CJH Maksimal 32 Kg, Simak Penjelasan Kemenag Sumbar

Selain masyarakat, berbagai pihak juga turut mendukung pelaksanaan Galanggang Arang di Kota Padang Panjang. Pemerintah Kota Padang Panjang mengerahkan berbagai dinas untuk membantu kelancaran acara, seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Perdagangan dan Industri, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Dinas Pariwisata, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan.

Dukungan juga datang dari instansi lain, seperti PT KAI Divisi Regional II Sumatra Barat, Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah III Provinsi Sumatra Barat, dan Institut Seni Indonesia Padang Panjang.