Tim SAR Temukan Lagi 2 Pendaki Marapi Dalam Kondisi Meninggal Dunia

Proses Evakuasi Korban Erupsi Marapi
Sumber :
  • Padang Viva/Andri Mardiansyah

Padang – Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Padang, Abdul Malik menyebut tim SAR gabungan Selasa 5 Desember 2023, kembali berhasil menemukan dua pendaki gunung Marapi dalam kondisi sudah meninggal dunia. Jenazah kedua pendaki ini saat ini sedang dalam proses evakuasi.

Pagi Ini Gunung Marapi Erupsi Lagi, Status Siaga Tetap Diberlakukan

Abdul menyebut, kedua pendaki yang ditemukan ini, masuk dalam grup 12 pendaki yang sebelumnya dinyatakan sudah meninggal dunia. Dengan demikian, total pendaki yang meninggal dunia dalam pristiwa erupsi Gunung Marapi ini, berjumlah 13 orang, lima diantaranya sudah berhasil di evakuasi ke bawah. 

"Dua orang korban lagi dalam kondisi meninggal dunia ditemukan. Akan di evakuasi hari ini,"kata Abdul Malik, Selasa 5 Desember 2023.

Gerak Ceopat Pemprov Sumbar Dampingi Korban Dugaan TPPO

Abdul bilang, kedelapan jenazah pendaki yang ditemukan itu, saat ini sudah di masukan kedalam polingbac alias kantong mayat untuk segera dievakuasi dengan sistem estapet. Menurutnya, proses evakuasi saat ini terkendala hujan abu vulkanik yang disebabkan erupsi pagi tadi.

"Seluruh korban sudah didalam kantong mayat dan dalam proses evakuasi. Masih terkendala erupsi susulan,"ujarnya.

Ledakan di Pabrik Semen Padang Akibat Adanya Pressure Pada Tabung Akumulator

Abdul Malik menambahkan, meski ada kendala, namun proses pencarian dan evakuasi pendaki yang menjadi korban erupsi Marapi hari ini, akan terus berlanjut. Personil yang dilibatkan dalam operasi ini sebanyak 200 orang dari berbagai unsur dengan fokus Pencarian dan evakuasi pendaki pada jarak radius 2000 Mdpl. 

"Pencarian difokuskan diarea radius 2000 Mdpl dari kawasan kawah atau puncak,"tutup Abdul Malik.