Padang Menuju Kota Arsip yang Autentik, Terintegrasi, dan Terpercaya

Ilustrasi Kota Padang
Sumber :
  • Diskominfo kota Padang

Padang – Pemerintah Kota (Pemko) Padang terus berkomitmen untuk mewujudkan pengelolaan arsip yang baik dan profesional. Salah satu upaya yang dilakukan saat ini adalah, dengan melakukan digitalisasi arsip statis secara berkelanjutan.

Perdagangan Online Meningkat, Pemko Padang Berupaya Ciptakan Pasar yang Representatif

Asisten III Setdako Padang, Corri Saidan, menyebut jika pihaknya memiliki target kedepan menjadikan kota berjuluk kota Bingkuang ini menjadi kota arsip yang autentik, terintegrasi, dan terpercaya

Bahwa Pemko Padang ingin mewujudkan kota Padang sebagai kota yang arsipnya autentik, terintegrasi, dan terpercaya. Arsip tidak boleh disepelekan. Sebab arsip mengandung nilai sejarah. Oleh karena itu, kita perlu terus mendigitalisasikan arsip agar tetap dapat dilihat kapan saja," kata Corri Saidan, Senin 5 Februari 2024.

Bimtek Digitalisasi Guru SMK se-Kota Payakumbuh Tahap II Resmi Ditutup

Saat ini, kata  Corri Saidan, dari 52 OPD di Pemko Padang, beberapa di antaranya telah menunjukkan kinerja yang baik dalam pengawasan arsip internal. Tiga OPD, yaitu BPKAD, Bappeda, dan Dinas Kesehatan, bahkan mendapatkan nilai AA.

Namun, Corri Saidan juga mengakui bahwa masih ada OPD lain yang memiliki nilai rendah dalam hal ini. Oleh karena itu, sosialisasi dan pembinaan terus dilakukan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan arsip di seluruh OPD.

Ekonomi Belum Stabil, Solok Selatan Perlu Diversifikasi Sumber Pendapatan

Terpisah, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang, dr Feri Mulyani Hamid, mengimbau kepada seluruh OPD untuk tidak ragu-ragu menyerahkan arsip statis kepada Lembaga Kearsipan Daerah (LKD).

"Arsip itu akan kita digitalisasi agar tidak hilang dan diselamatkan negara," tutup Feri Mulyani Hamid.