Walikota Padang Sebut Generasi Muda Tak Banyak Yang Mengenal Seni Bela Tradisional

Walikota Padang Hendri Septa
Sumber :
  • Diskominfo Padang

Padang – Walikota Padang, Sumatera Barat, Hendri Septa menyebut jika kini banyak generasi muda yang tidak lagi mengenal seni bela diri tradisional daerahnya.

PDI Perjuangan Sumatera Barat Menang Atas Gugatan Leo Murphy

Kondisi ini tentu sangat mengkhawatirkan, sebab jika dibiarkan maka kesenian bela diri tradisional ini akan terancam hilang dan punah

Pernyataan itu, sempat dilontarkan Hendri Septa saat bersilaturahmi dengan guru madya dan guru utama aliran silek Taralak, yang digagas pengurus  Perguruan Pencak Silat Talago Biru Sumbar pada Sabtu kemarin. 

PSPS Siap Tempur! Luncurkan Tim dan Jersey Baru Jelang Kick Off Liga 3 Putaran Nasional

"Saat ini banyak generasi muda yang tidak lagi mengenal seni bela tradisional daerahnya. Kondisi ini tentu sangat mengkhawatirkan, sebab jika dibiarkan maka kesenian bela diri tradisional ini akan terancam hilang dan punah,"kata Hendri Septa dikutip dari keterangan resminya, Senin 4 Maret 2024. 

Menurut Hendri, Kota Padang terkenal dengan budaya bela diri tradisi seperti pencak silat yang merupakan warisan dari para leluhur.

Koper CJH Maksimal 32 Kg, Simak Penjelasan Kemenag Sumbar

Dalam upaya melestarikan budaya Minangkabau kata Hendri, Pemko Padang sudah mencanangkan program muatan lokal Ke minangkabauan bagi anak didik SD dan SMP sejak September tahun lalu.

"Kegiatan ini (muatan lokal) dilaksanakan setiap hari Selasa yang dikemas dalam Program Sehari Keminangkabauan. Program ini untuk mengenalkan kepada siswa tentang kebudayaan Minangkabau. Ini dilakukan untuk mengantisipasi agar bela diri tradisi Minangkabau tidak punah ditelan bumi," tutup Hendri Septa.