Lapangan Bancalaweh Jadi Pilihan Tempat Salat Idul Fitri di Padang Panjang

Ilustrasi Salat. Foto/Andri Mardiansyah
Sumber :

Padang – Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat akan menggelar Salat Idul Fitri 1445 Hijriah di Lapangan Bancalaweh.

Akses Jalan Padang-Bukittinggi Lumpuh Total Akibat Dihantam Banjir Lahar Dingin

Penjabat (Pj) Sekdako, Winarno mengatakan, meskipun tanggal 1 Syawal 1445 Hijriah masih menunggu pengumuman resmi dari Pemerintah, namun Pemko bersama unsur terkait telah sepakat untuk menggelar Salat Idul Fitri di Bancalaweh.

"Namun, pelaksanaan Salat Idul Fitri di Bancalaweh ini tergantung pada cuaca. Jika tidak hujan dan tidak ada abu vulkanik erupsi Gunung Marapi, maka Salat Idul Fitri akan dilaksanakan di sana," kata Winarno, Selasa 2 April 2024.

Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi Terjang Pemukiman Warga

Ia menyebut, jika cuaca hujan, pelaksanaan Salat Idul Fitri akan dipindahkan ke Masjid Agung Manarul Ilmi Islamic Centre. Sebagai alternatif, Pemko Padang Panjang juga menyiapkan tiga masjid di sekitar Bancalaweh, yaitu Masjid Tauhid Pasar Baru, Masjid Ilham Koto Panjang, dan Masjid Al Ikhlas Tanah Hitam.

"Kami juga akan mengkaji lagi agar arus lalu lintas pintu masuk dan keluar dari Bancalaweh berjalan dengan lancar. Selain itu, Pemko juga akan menggelar malam takbiran keliling yang akan dimulai dari Taman Mini Secata B," tutupnya.

Kejar Target, Satgas Halal Kemenag Sumbar Gelar Kampanye di 101 Titik