Sumbar Gencar Kembangkan Wisata Halal

Gubernur Sumbar Mahyeldi. Foto/Andri Mardiansyah
Sumber :

Padang – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi, menegaskan kembali komitmennya menjadikan Sumbar sebagai destinasi wisata halal terdepan di Indonesia, bahkan dunia. 

Misteri Kematian Bocah 13 Tahun di Padang, Keluarga Bantah Sebagian Keterangan Polisi

Potensi luar biasa Sumatera Barat kata Mahyeldi, dibuktikan dengan kekayaan alam, budaya Minangkabau, dan kuliner tradisionalnya yang lezat.

"Semua ini menjadi aset berharga untuk menjadikan Sumbar destinasi pariwisata halal terkemuka," kata Mahyeldi, Senin 3 Juni 2024

Hasil Autopsi Kematian Bocah 13 Tahun di Padang Belum Keluar 

Mahyeldi mengklaim bahwa, potensi Sumbar saat ini sudah diakui dunia pada World Halal Tourism Summit di Abu Dhabi (UEA) 2016, dengan meraih penghargaan The World's Best Halal Tourism Destination, The World's Best Halal Culinary Destination, dan The World's Best Halal Tour Operator.

Untuk memaksimalkan potensi dan pengakuan tersebut, Pemprov Sumbar kata Mahyeldi, telah mengambil langkah strategis, termasuk kesepakatan dengan Pemkab dan Kota di Sumbar untuk mengembangkan Sumbar sebagai Halal Tourism Destination. 

DPRD Solok Selatan Setujui Ranperda Pertanggungjawaban APBD 2023

"Diperkuat pula dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pariwisata Halal. Peraturan ini menjadi tonggak sejarah dalam pengembangan pariwisata halal, sekaligus mengakomodir nilai falsafah Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah, Syarak Mangato-Adat Mamakai, sebagai landasan pelaksanaannya," ujar Gubernur.

Mahyeldi menambahkan, Sumatera Barat dan Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi satu-satunya provinsi dengan regulasi khusus pariwisata halal. Perda ini mengatur penyelenggaraan wisata halal bagi semua wisatawan, bukan hanya wisatawan muslim.

Halaman Selanjutnya
img_title