Lewat Germas, Cara Kota Padang Wujudkan Kota Sehat

Ilustrasi layanan kesehatan
Sumber :
  • pixabay

Padang – Mewujudkan Padang sebagai kota sehat dibutuhkan peran lintas sektor. Dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) merupakan salah satu kegiatan strategis  dan terencana yang disosialisasikan dan diimplementasikan oleh lintas sektor. 

Kota Padang Zero Kasus Virus Cacar Monyet

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Padang, Depitra Wiguna menyebut, terdapat beberapa faktor risiko penyebab penyakit tidak menular seperti kurangnya aktivitas fisik, kurang mengonsumsi buah dan sayur, minum alkohol, merokok.  

Sementara, faktor risiko penyakit menular diantaranya rumah tidak sehat, buang air besar sembarangan serta tidak mengelola sampah.

Anggota DPR RI Ade Rezki Pratama Ajak Masyarakat Cegah Stunting Melalui Hidup Sehat

"Penyakit bisa dicegah dengan Germas. Berdasarkan Permenkes 39 tahun 2016 terdapat 12 indikator keluarga sehat," kata Depitra, Rabu 28 Agustus 2024.

12 indikator tersebut kata Depitra, diantaranya keluarga mengikuti KB, ibu bersalin di faskes, bayi mendapat imunisasi dasar, pemberian ASI ekslusif selama enam bulan, pertumbuhan dan perkembangan balita dipantau tiap bulan, penderita TB berobat sesuai standar, penderita hipertensi berobat teratur.

Gawat, Ada Ribuan Kasus TBC di Kota Padang 

"Kemudian, gangguan jiwa berat tidak ditelantarkan, tidak ada anggota keluarga yang merokok, mempunyai akses air bersih, menggunakan jamban yang sehat, sekeluarga menjadi anggota JKN," sebutnya.

Ia menambahkan, Germas merupakan tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama oleh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Halaman Selanjutnya
img_title