Pemkab dan DPRD Solsel Sepakati KUA-PPAS 2024

Wakil Bupati Solsel Yulian Efi (tengah)
Sumber :
  • Diskominfo Solok Selatan

Padang – Pemerintah Kabupaten dan DPRD Solok Selatan, Sumatera Barat sudah menyepakati Kebijakan Umum APBD (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun anggaran 2024. Kesepakatan ini, ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepakatan antara Kepala Daerah dan DPRD pada Senin kemarin.

Solok Selatan Semarakkan Hari Pendidikan Nasional dengan Upacara dan Penghargaan Tenaga Pendidik

Wakil Bupati Solok Selatan, Yulian Efi menyebut, dalam KUA dan PPAS yang telah disepakati, disampaikan bahwa total belanja daerah yang diusulkan senilai Rp709, 554 miliar. Terdapat selisih 21,16 persen atau sebesar Rp 190,39 miliar dari APBD 2023 yang sebesar Rp 899,94 miliar.

"Selisih ini, lantaran belum adanya pendapatan lain yang bersumber dari DAK, BKK, dan insentif fiskal,"kata Yulian Efi melalui siaran persnya, Selasa 8 Agustus 2023.

Jalan Tol Padang-Pekanbaru Seksi Padang-Sicincin Ditargetkan Tuntas Juli 2024

Yulian bilang, karena pada prinsip penganggaran dimana pendapatan yang belum ada kepastian penerimaan belum bisa dihitung sebagai target pendapatan, yang berakibat berkurangnya alokasi belanja dari tahun sebelumnya, namun sebelum penetapan RAPBD Tahun Anggaran 2024, pendapatan tersebut sudah dapat kepastian dari pemerintah pusat dan langsung kita akomodir dalam pembahasan RAPBD nantinya.

Ia menegaskan, setelah disepakati, KUA dan PPAS ini akan menjadi pedoman dalam penyusunan RAPBD Kabupaten Solok Selatan Tahun Anggaran 2024.

Pengakuan Status Hutan Adat di Pasaman Barat Segera Diajukan

Lebih lanjut, Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda mengatakan dalam penepatannya, telah dilakukan pembahasan mulai dari pembahasan pendahuluan oleh Komisi-Komisi bersama OPD mitra kerja dan dilanjutkan dengan pembahasan serta finalisasi oleh Badan Anggaran bersama TAPD.

"Fokus pembahasan, diarahkan pada penetapan makro ekonomi daerah, kebijakan pendapatan, belanja dan pembiayaan daerah yang akan ditampung dan disepakati dalam KUA dan PPAS Tahun 2024 dengan program prioritas RPJMD, potensi dan kemampuan keuangan daerah serta kebijakan dari Pemerintah Pusat,"kata Zigo.

Halaman Selanjutnya
img_title