Bupati Solok Selatan Ajak Santri Berjuang Mencerdaskan dan Memajukan Negeri

Bupati Solok Selatan, Khairunas
Sumber :
  • Diskominfo Solok Selatan

Padang – Bupati Solok Selatan (Solsel), Sumatera Barat, Khairunas mengajak seluruh santri untuk berjuang mencerdaskan dan memajukan negeri. Ajakan itu disampaikan Khairunas saat memimpin upacara peringatan Hari Santri Nasional di Halaman Pondok Pesantren Bustanul Huda, Malus, Nagari Lubuk Gadang Kecamatan Sangir, Minggu kemarin.

Gubernur Sumbar Tekankan Kolaborasi untuk Percepatan Pembangunan Sawahlunto

Dalam sambutannya, Khairunas mengatakan bahwa santri memiliki peran penting dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan dikeluarkannya Resolusi Jihad pada 22 Oktober 1945 yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan.

"Jihad santri tidak hanya identik dengan angkat senjata, melainkan juga dengan intelektual. Santri harus terus berkontribusi aktif dalam memajukan negeri melawan kebodohan dan ketertinggalan," ujar Khairunas.

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

Khairunas menambahkan bahwa santri juga harus mengambil peran di era transformasi digital. Mereka harus mengisi ruang-ruang digital untuk memperkuat literasi keagamaan yang moderat berdasarkan prinsip Islam rahmatan lil alamin.

Pada kesempatan itu, Pemerintah Kabupaten Solok Selatan juga menyerahkan bantuan seragam gratis untuk siswa baru sekolah madrasah. Dengan rincian, 4.724 stel pakaian sekolah diterima oleh siswa Madrasah (MI, MTs, MA, dan juga pesantren) se-Kabupaten Solok Selatan pada tahun 2023.

PDI Perjuangan Sumatera Barat Menang Atas Gugatan Leo Murphy