Silek Dari Wilayah Bagian Selatan Sumbar Bakal Meriahkan Festival Silat Nusantara 2023 

Pertunjukkan Silat
Sumber :
  • Padang Viva

Padang – Berada di bagian selatan Provinsi Sumatera Barat, Solok Selatan merupakan kawasan perbatasan dengan Jambi dan Bengkulu hari. Di masa lalu, secara tradisional kawasan ini dikenal sebagai rantau, jalur dagang yang menghubungkan Minangkabau pedalaman dengan pusat-pusat perdagangan di pantai timur sumatera dan kawasan pesisir Bengkulu hari ini. Sejak lama, berbagai aliran silek telah hidup dan berkembang di sini. 

Pariwisata Sumbar Berkembang Pesat, Desa Wisata Jadi Motor Penggerak

Pada 2018, Balai Pelestarian Nilai dan Budaya Sumatera Barat mencatat setidaknya ada 12 aliran silek yang masih eksis hingga kini di Solok Selatan. Di luar yang 12 itu, ditengarai masih terdapat aliran-aliran silek yang, karena demikian sakral, bersifat sangat tertutup dan rahasia. 

Aliran-aliran silek ini umumnya berkembang dari silek darek yang dimodifikasi sedemikian rupa sesuai kondisi dan kebutuhan setempat yang kemudian menghasilkan silek ‘khas’ Solok Selatan. Di antara aliran-aliran itu ialah silek pangean, silek luncua, serta silek kumango yang agak berbeda dengan silek kumango dari Tanah Datar. 

Gubernur Sumbar Tekankan Kolaborasi untuk Percepatan Pembangunan Sawahlunto

"Tiga aliran silek itu yang akan main di Festival Silat Tradisi Nusantara (FSTN) 2023 di Payakumbuh nanti," kata Ketua IPSI Solok Swlatan, Ariyal Joni Dt Sutan Bandaro, Sabtu 29 Juli 2023. 

Ia menjelaskan, ketiga aliran tersebut akan tampil sebagai perwakilan Solok Selatan di FSTN 2023 yang akan dilangsungkan di Agam Jua Art and Culture Caffe di Payakumbuh 31 Juli hingga 3 Agustus mendatang. 

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

FSTN 2023 sendiri, memang disiapkan sebagai festival untuk mewadahi sasaran-sasaran silek serta aliran-aliran dari berbagai kawasan di Sumatera Barat dengan keunikannya masing-masing, termasuk Solok Selatan. 

Di FSTN 2023 nanti aliran-aliran itu akan tampil dengan membawa kekhasan gerak yang berkembang di Solok Selatan. Mulai dari kuncian, sipak, hingga geleknya. "Semuanya sedang kita persiapkan sebaik-sebaiknya," ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title