Pelatih Australia Graham Arnold Puji Penampilan Timnas Indonesia

Graham Arnold
Sumber :
  • AFC

PadangIndonesia kalah telak dari Australia di 16 besar Piala Asia 2023. Meski memenangkan laga, Pelatih Australia Graham Arnold memuji penampilan Timnas Indonesia yang menyulitkan anak asuhnya.

Timnas Qatar Juara Piala Asia 2023 Berkat Hattrick Penalti Akram Afif

"Kredit untuk Indonesia, saya rasa mereka membuat pertandingan menjadi alot. Secara fisik mereka besar dan kuat. Tadi adalah laga yang ketat. Kualitas yang ingin kami tampilkan di depan muncul pada hari ini," ucap Arnold dalam konferensi pers setelah pertandingan, Minggu (28/1/2024).

"Sepak bola Asia berkembang pesat. Kami sudah menduga hal itu, itulah yang kami katakan kepada para pemain, 'Siap-siaplah bertarung. Bersiaplah untuk duel fisik.' karena itu yang dibawa Indonesia," ujarnya.

Alifia Soeryo Meninggal Tertimpa Pohon di Australia, Teman Sebut Dia Sosok Ramah dan Ceria

Arnold puas dengan performa anak asuhnya yang bisa menampilkan penampilan apik. "Kami bisa berbuat lebih baik di segala aspek. Kami akan melakukan peninjauan untuk melihat apa yang bisa kami lakukan dengan lebih baik, karena kami selalu ingin bersikap positif dalam segala hal," ujar Arnold.

Kemenangan ini membawa Australia melaju ke perempat final. Mereka akan meladeni pemenang antara Arab Saudi vs Korea Selatan yang akan bertanding di Stadion Education City, Al Rayyan, Qatar, Selasa (30/1/2024) malam. 

Presiden Jokowi Apresiasi Indonesia Juara AFC e-Asian Cup 2023

Bagi Indonesia, kekalahan ini menyudahi perjuangan di Qatar. Meski begitu, Timnas Indonesia sudah mampu mengukir sejarah untuk pertama kalinya lolos ke 16 besar Piala Asia.

Bermain di Jassim bin Hamad Stadium, Al Rayyan, Minggu (28/1/2024), anak asuh Shin Tae-yong disikat empat gol tanpa balas. Gol pertama lahir dari bunuh diri Elkan Baggott, sebelum turut dibobol Martin Boyle, Craig Goodwin, dan Harry Souttar. Kekalahan itu menyudahi perjalanan Indonesia di Qatar.