Hattrick Penalti Antar Akram Afif Raih Top Skor Piala Asia 2023

Penyerang Timnas Irak, Aymen Hussein
Sumber :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

PadangAymen Hussein, yang menjadi sorotan sebagai pembobol gawang Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, gagal meraih gelar top skor. Ia kalah dari penyerang Timnas Qatar, Akram Afif, yang mencetak hattrick penalti dalam pertandingan final melawan Timnas Yordania pada Sabtu malam, 10 Februari 2024.

Timnas Qatar Juara Piala Asia 2023 Berkat Hattrick Penalti Akram Afif

Sebelum pertandingan final Piala Asia 2023 antara Yordania dan Qatar di Lusail Stadium dimulai, Aymen Hussein masih memimpin sebagai top skor. Dengan enam gol yang ia cetak bersama Timnas Irak, Hussein menjadi pemain yang paling ditakuti. Salah satunya adalah gol yang dia lesakkan ke gawang Timnas Indonesia yang dijaga oleh Ernando Ari pada pertandingan Grup D. Gol tersebut menjadi awal dari keran golnya di ajang bergengsi sepakbola Asia.

Pada pertandingan selanjutnya, Aymen Hussein menambah pundi-pundi golnya. Saat Timnas Irak mengalahkan Jepang dengan skor 2-1, penyerang berusia 27 tahun itu mencetak dua gol. Demikian juga ketika mereka menghadapi Vietnam, Hussein kembali mencetak dua gol saat Irak menang dengan skor 3-2.

Tembus Final, Yordania Ukir Sejarah

Gol keenam Hussein di Piala Asia 2023 dicetak saat Irak bersaing sengit dengan Yordania di babak 16 besar. Namun, sayangnya, itu menjadi gol terakhirnya dalam ajang ini karena timnya kalah 2-3. Momen pahit Hussein di Piala Asia 2023 tidak berhenti di situ; ketika mereka kalah dari Yordania, dia juga mendapat kartu kuning kedua karena selebrasi yang kurang pantas.

Sementara itu, Akram Afif, meskipun awalnya tertinggal dari Hussein di fase grup, berhasil mengejar ketertinggalan tersebut. Afif mencetak tiga gol dalam Grup A, dua di antaranya ke gawang Lebanon dan satu saat menghadapi Tajikistan.

Piala Asia 2023: Australia Tersingkir Usai Kekalahan Dramatis dari Korea Selatan

Di babak 16 besar, ketika Qatar mengalahkan Palestina 2-1, Afif kembali mencetak satu gol. Namun, upayanya untuk mengejar perolehan gol Hussein terhenti di babak perempat final melawan Uzbekistan.

Baru di babak semifinal, Afif berhasil mencetak satu gol saat Qatar mengalahkan Iran 3-2. Gol tersebut membuatnya hanya tertinggal satu gol dari Hussein dalam daftar top skor Piala Asia 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title