Timnas Qatar Juara Piala Asia 2023 Berkat Hattrick Penalti Akram Afif

Final Piala Asia 2023 Yordania vs Qatar
Sumber :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

PadangTimnas Qatar meraih gelar juara Piala Asia 2023 setelah mengalahkan Timnas Yordania dengan skor 3-1 dalam pertandingan final yang digelar di Lusail Stadium pada Sabtu malam, 10 Februari 2024. Dua dari tiga gol kemenangan Qatar dicetak melalui penalti.

Presiden Jokowi Apresiasi Indonesia Juara AFC e-Asian Cup 2023

Meskipun bermain di depan pendukungnya sendiri, Qatar tidak mendapat kemenangan dengan mudah. Timnas Yordania memberikan perlawanan sengit sejak awal pertandingan, membuat pertandingan berjalan seru dengan saling serang. Qatar akhirnya mendapat momentum ketika Akram Afif melakukan akselerasi dari sisi kiri penyerangan dan dijatuhkan di kotak penalti oleh Abdallah Nasib.

Afif dengan tenang mengeksekusi penalti dan sukses mengarahkan bola ke sisi kiri gawang, mengalahkan kiper Yordania, Yazeed Abulaila. Gol tersebut membawa Qatar unggul satu gol dan mengejutkan Yordania. Meski demikian, Yordania tidak menyerah dan terus menciptakan peluang, tetapi tak berhasil menjadikannya gol.

Kontra Qatar di Semifinal, Pelatih Iran Minta Anak Asuhnya Fokus

Di babak kedua, Yordania menunjukkan tekad kuat untuk mengejar ketertinggalannya. Mereka memberikan tekanan keras kepada pertahanan Qatar, yang harus bekerja keras untuk mengatasinya. Namun, Qatar tetap tangguh dan berhasil mempertahankan keunggulannya.

Pada menit ke-67, Yordania berhasil menyamakan kedudukan melalui gol Yazan Alnaimat. Namun, Qatar segera membalas dengan penalti kedua setelah Mahmoud Almardi melakukan pelanggaran terhadap Ismail Mohamad. Afif kembali menjadi algojo dan berhasil mengkonversi penalti tersebut dengan sukses.

Bali United Tumbang di Kediri, Gagal Raih Poin

Di masa injury time, Yordania mendapat penalti lagi, tetapi Afif mencetak hattrick-nya, memastikan gelar juara bagi Qatar. Ini adalah gelar juara kedua berturut-turut bagi Qatar dalam sejarah Piala Asia. Dengan prestasi ini, Qatar kini menjadi salah satu kekuatan teratas di Asia bersama dengan Korea Selatan, Iran, Arab Saudi, dan Jepang.