Gemuruh Stadion Pakansari: Shin Tae-yong Ale Ale

Indonesia vs Curacao di Pakansari
Indonesia vs Curacao di Pakansari
Sumber :
  • VIVA/Riki Ilham Rafles

Padang – Sekira 21 ribu orang lebih memadati tribun Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor pada Selasa malam WIB 27 September 2022. Mereka menjadi saksi kemenangan Timnas Indonesia atas Timnas Curacao dengan skor 2-1 dalam FIFA Matchday. 

Dikutip dari VIVA.CO.ID, nama Shin Tae-yong dielu-elukan oleh para suporter usai pertandingan. Para penonton serempak menyanyikan lirik 'Shin Tae-yong Ale Ale' usai pertandingan. 

Juru taktik asal Korea Selatan yang kebetulan masih ada di dalam lapangan membalas dengan memberi lambaian tangan ke arah tribun.

Cukup berasalan jika kemudian suporter memberi dukungan penuh kepada Shin Tae-yong. Karena dia bisa membawa Skuad Garuda memenangkan FIFA Matchday melawan Curacao sebanyak dua kali.

Sebelumnya Indonesia juga menang atas negara peringkat 84 dunia tersebut pada pertemuan pertama. Bermain di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada 24 September 2022, Skuad Garuda ungul 3-2.

Banyak suporter merasakan, sejak Shin Tae-yong melatih Timnas Indonesia pada 2019, peningkatan terus terjadi. Mulai dari U-19 sampai ke senior, para pemain Indonesia bisa menunjukkan kemampuan maksimal.

Tak heran ketika posisi Shin Tae-yong digoyang oleh pihak lain, termasuk Haruna Sumitro yang berstatus Anggota Komite Eksekutif PSSI beberapa waktu lalu, banyak yang memberikan pembelaan. 

Kini dukungan itu semakin nyata. Di mana nama Shin Tae-yong dielu-elukan. Harapannya tentu saja menghadapi Piala AFF 2022, Piala Dunia U-20 2023, dan Piala Asia 2023, performa Indonesia bisa maksimal.

PSSI Akui Kinerja Apik Shin Tae-yong

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan juga memberikan pengakuannya terhadap kinerja Shin Tae-yong. Diskusi dan analisa yang dilakukannya menunjukkan grafik kenaikan terus meningkat. 

"Sesuai dengan analisa dan diskusi, bahwa ada beberapa kemajuan pesat yang terasa di semua tim nasional," kata Iriawan saat ditemui di Stadion Pakansari. Ini menjadi penegas jika PSSI ingin memperpanjang kontrak pelatih berusia 51 tahun tersebut. 

Beberapa hari lalu, Iriawan juga sudah berbicara mengenai rencana tersebut. Dari sisi Shin Tae-yong, masalah perpanjangan kontrak bukan agenda utamanya. Dia masih ingin fokus untuk membesut tim dan menatap Piala AFF 2022 dan Piala Dunia U-20 2023. 

"Jujur saya tidak pernah bicara terkait perpanjangan kontrak dengan PSSI, karena masih lama, Desember 2023. Belum tahapnya membicarakan itu," kata Shin Tae-yong.