Kata Senator Soal Pengoperasian LRT Jabodebek 

Fahira Idris. Foto/Doc Fahira Idris
Sumber :

Padang –  Setelah mengalami penundaan, akhirnya Lintas Raya Terpadu (LRT) Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodebek) yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN), akan melakukan uji coba pada 12 Juli 2023, sebelum nantinya akan beroperasi secara penuh.

Polri Buka Pintu Bagi Penyandang Disabilitas, Terobosan Baru Dalam Sejarah Rekrutmen

Anggota Komite II DPD RI, Fahira Idris menilai, bertambahnya jenis moda transportasi massal ini adalah kabar baik dalam upaya besar menata dan mengintegrasikan transportasi massal di wilayah aglomerasi Jakarta dan sekitarnya demi mengurai kemacetan yang semakin parah.

Menurut senator Jakarta ini, beroperasinya LRT Jabodebek diharapkan efektif mengurangi masuknya kendaraan pribadi bermotor ke wilayah Jakarta sehingga secara bertahap bisa mengurai kemacetan terutama di waktu atau jam-jam sibuk yaitu pagi dan sore hari.

LRT Jabodebek Beroperasi Hingga Jam 11 Malam di Februari

“Saya mengapresiasi Pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya karena akhirnya LRT Jabodebek akan beroperasi. LRT Jabodebek adalah salah satu solusi konkret untuk mengimbangi tingginya mobilitas warga Jabodebek dan cara efektif mengurangi penggunaan kendaraan bermotor pribadi sehingga secara bertahap kemacetan bisa terurai,"kata Fahira Idris, Jumat 19 Mei 2023. 

Namun kata Fahira, kehadiran LRT Jabodebek akan efektif dan menjadi pilihan warga terutama para pekerja di Jabodebek jika terintegrasi dengan moda transportasi massal lain atau moda transportasi pendukung menuju halte LRT.

Berperan Penting Sukseskan Pemilu, Simak Besaran Gaji Panwaslu

Terkait integrasi, menurut Fahira Idris, harus dipastikan semua halte LRT Jabodebek mulai dari Cawang, Dukuh Atas, Kuningan, Setiabudi, Pancoran, Cikoko, dan Ciliwung terintegrasi dengan Halte Transjakarta.

Sementara, untuk daerah yang belum mempunyai layanan Bus Rapid Transit (BRT) seperti Transjakarta, harus ada koordinasi dan kolaborasi dengan pemerintah daerah serta Organisasi Angkutan Darat (Organda) untuk melakukan rerouting sejumlah angkutan umum agar bisa mengantar penumpang masuk ke stasiun LRT Jabodebek di wilayah masing-masing.  

Halaman Selanjutnya
img_title