Dekan Hukum Unand Jamin Kerahasiaan Identitas Pelapor Kasus Pelecehan Seksual

Ilustrasi Kekerasan Seksual. Sumber Foto/Pixabay
Sumber :

Padang – Dekan Fakultas Hukum Universitas Andalas (Unand), Padang, Sumatera Barat, Dr Ferdi mengajak seluruh akademisi di Fakultasnya untuk bersama-sama bergandengan tangan membangun Fakultas Hukum Unand yang sehat, bebas dari tindakan diskriminasi dan pelecehan seksual.

PDI Perjuangan Sumatera Barat Menang Atas Gugatan Leo Murphy

Ajakan itu, menyusul mencuatnya isu kasus dugaan pelecehan seksual terhadap sejumlah mahasiswi yang dilakukan oknum dosen berinisial "Z". Dengan bergandengan tangan kata Ferdi, bisa memberikan dampak positif bagi perkembangan pendidikan hukum dan kemajuan bangsa di masa depan.

"Dalam menangani kasus dugaan pelecehan seksual, Fakultas Hukum selalu terbuka untuk menerima pengaduan atau pun laporan dengan tetap menjaga kerahasiaan setiap pengadu atau pelapor,"kata Ferdi, rabu 14 Juni 2023. 

PSPS Siap Tempur! Luncurkan Tim dan Jersey Baru Jelang Kick Off Liga 3 Putaran Nasional

Ferdi menegaskan, sebagai pimpinan dirinya akan terus berkomitmen menjadikan Fakultas Hukum sebagai sekolah hukum yang aman dan ramah bagi semua warga kampus dalam pelaksanaan tridarma perguruan tinggi. Untuk itu, ia memastikan pihaknya akan mengambil tindakan tegas sesuai ketentuan yang berlaku dalam menangani kasus tindakan pelecehan seksual.

"Kita mengharapkan ke depan agar segala bentuk penyampaian aspirasi terkait permasalahan yang ada, dapat dilakukan sesuai dengan norma, etika dan moral yang baik,"ujarnya.

Koper CJH Maksimal 32 Kg, Simak Penjelasan Kemenag Sumbar

Terkait dengan tudingan terhadap salah seorang dosen berinisial "Z", Ferdi menyebut jika pihaknya sudah menerima laporan. Bahkan saat ini, kasus itu sedang diselidiki kebenarannya.  

"Sebagai pimpinan di institusi, kita menjunjung tinggi asas praduga tak bersalah. Kita menjunjung tinggi hukum dan norma etika. Tindakan awal sudah dilakukan. Kita sudah meminta keterangan awal kepada penyampai informasi di media sosial itu,"tutup Ferdi.