Jelang KTT ASEAN ke-43, Tak Ada Penutupan Penerbangan Reguler di Soetta

Pesawat di Bandara Soekarno Hatta.
Sumber :
  • Angkasa Pura II

Padang – Bandar Udara Soekarno-Hatta (Soetta) siap menghadapi penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 yang akan berlangsung di Jakarta pada tanggal 5-7 September 2023. PT Angkasa Pura (AP) II, perusahaan yang mengelola bandara ini, telah memastikan bahwa tidak akan ada penutupan penerbangan reguler dalam rangka acara ini.

Kapten Timnas Asnawi Mangkualan Gabung Klub Liga Thailand Port FC

“Ada sekitar 960-980 penerbangan per harinya tapi tidak ada penutupan penerbangan menjelang maupun saat penyelenggaraan KTT ke-43,” ucap Muhammad Awaluddin selaku President Director AP II di Bandara Soekarno-Hatta, dalam rilisnya Minggu 3 September 2023.

Awaluddin bilang, para delegasi dan tamu negara yang akan menghadiri KTT dijadwalkan akan mulai tiba sejak tanggal 4 September 2023. Maka  AP II telah melakukan apel siaga untuk memastikan kelancaran pergerakan para tamu negara dan semua delegasi KTT di Bandara Soetta.

Sri Mulyani Sebut Ekonomi Digital ASEAN Bisa Capai Rp3,5 Triliun di 2030

“Tujuan dari apel itu sendiri adalah untuk memastikan kesiapan seluruh personel untuk menyambut KTT ke-43 ASEAN, karena Bandara Soekarno-Hatta menjadi pintu gerbang utama kedatangan tamu negara dan delegasi KTT ke-43 ASEAN,” terangnya dalam rilis tersbeut dikutip Senin 4 September 2023.

Dia melanjutkan, apel tersebut melibatkan berbagai unit, termasuk customer service, digital service, aviation security, airport rescue and fire fighting (ARFF), terminal inspection service (TIS), dan tim engineering. 

Indonesia Pimpin Kelompok Kerja Pariwisata dan Budaya ASEAN Korea Centre

“Saya meminta tiga aspek harus dipastikan yakni people (sumber daya manusia), process (prosedur) dan facilities (fasilitas). Koordinasi, kolaborasi dan sinergi harus ditingkatkan dengan seluruh stakeholder untuk memastikan keamanan, keselamatan dan pelayanan,” tutupnya.