Tinta Gambir Inovatif UNAND untuk Pemilu 2024 Resmi Dilepas

Acara pengiriman pertama bahan baku tinta dari gambir Unand.
Sumber :
  • Humas Unand

Padang – Universitas Andalas (UNAND) dan PT Kudo Indonesia Jaya secara resmi merilis tinta pemilu inovatif hasil penelitian yang menggunakan bahan utama dari gambir

Kejar Target, Satgas Halal Kemenag Sumbar Gelar Kampanye di 101 Titik

Tinta pemilu dari bahan dasar gambir ini diluncurkan pada Dies Natalis ke-67 UNAND di Convention hall, Kampus Limau Manis, pada hari Rabu kemarin. Hadir dalam acara tersebut Rektor UNAND, Profesor Yuliandri, bersama dengan Direktur PT Kudo Indonesia Jaya, Eko Santiko.

"Tinta pemilu gambir ini bukan hanya sebuah inovasi, melainkan juga simbol kerjasama yang memungkinkan UNAND sebagai penyedia bahan baku utama tinta ini," ujar Yuliandri dalam keterangan persnya, dikutip Kamis 14 September 2023.

Polri Klaim Kamtibmas Pasca Penetapan Pemilu 2024 Berjalan Aman

UNAND dan PT Kudo Indonesia Jaya berhasil memenangkan tender untuk pengadaan tinta pemilu yang akan digunakan di enam zona dan 35 provinsi di seluruh Indonesia dalam pemilihan tahun 2024. 

Dengan total 981 ribu botol tinta pemilu gambir, produk ini akan menjadi pilihan unggulan untuk digunakan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) selama pemilihan presiden, legislatif, dan pemilihan kepala daerah.

Masyarakat Sumbar Dari Kacamata Anies Baswedan

Yuliandri bilang, UNAND dan PT Kudo sebagai produsen tinta berupaya meningkatkan nilai tambah dari sumber daya alam, khususnya gambir, sehingga bisa menjadi produk yang lebih kompetitif dan memberikan dampak positif pada pendapatan masyarakat secara keseluruhan, terutama petani.

Salah satu keunggulan tinta organik gambir yang diproduksi adalah ramah lingkungan, aman bagi kulit, eco-friendly, dan bersertifikat halal

Halaman Selanjutnya
img_title