Persemaian Skala Besar Liang Anggang di Kalsel Bentuk Kerja Kolaborasi Hijaukan Indonesia 

Persemaian Liang Anggang
Sumber :
  • Humas KLHK

Padang – Menteri LHK Siti Nurbaya menyebut pembangunan Persemaian Liang Anggang (PLA) yang berlokasi di Kawasan Hutan Lindung Kelurahan Landasan Ulin Barat, Kecamatan Lianganggang, Kota Banjarbaru. Kalimantan Selatan, merupakan bentuk kerja kolaborasi menghijaukan bumi Indonesia.

Satu Kali Menang dan Satu Kali Kalah, Tim Sepak Bola PON Sumbar Wajib Menang di Laga Terakhir

Persemaian Liang Anggang (PLA) yang hampir rampung itu kata Siti, merupakan salah satu dari delapan persemaian skala besar nasional yang sudah dibangun. 

Dengan luas total 14 hektare dan luas areal produksi seluas 6.6 hektare, menurut Siti Nurbaya, PLA dibangun atas kolaborasi antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dengan Kementerian PUPR Ditjen Sumber Data Air BWS Kalimantan III untuk penyediaan airnya, dan PT. Adaro Energy Indonesia untuk konstruksi areal produksinya. 

Pemerintah Terbitkan Perpres Tentang Kantor Komunikasi Kepresidenan

"PLA mempunyai kapasitas produksi 10 juta batang per tahun dengan jenis bibit kayu-kayuan, HHBK, endemik, dan estetik. Kita berharap ini bisa dilihat dan diresmikan oleh Bapak Presiden nanti”, ujar Menteri Siti dikutip dari keterangan resminya, Rabu 4 September 2024.

Menteri Siti bilang pembangunan persemaian seperti PLA ini, dilakukan melalui Skema Public Private Partnership (PPP) yang melibatkan kolaborasi antara pemerintah dan sektor swasta. 

Gubernur Sumbar Sebut Rumah Syuting Film Siti Nurbaya di Depok Bakal di Revitalisasi

Jika kerja kolaborasi seperti ini dapat berjalan baik diseluruh Indonesia, ia meyakini Indonesia akan menjadi subur makmur, lebih hijau, dan akan terdapat nilai positif yang kembali dari alam, yaitu nilai karbon. 

Untuk menunjang hal tesebut, Pemerintah kata Siti, mendorong semua pihak untuk berkolaborasi dalam percepatan pemulihan lingkungan, termasuk upaya peningkatan tutupan hutan dan lahan atau reforestasi. 

Halaman Selanjutnya
img_title