Jokowi dan PDIP Bersitegang, Posisi Menteri PDIP di Kabinet Dilematis

Jokowi dan Ibu Iriana tampil dalam busana tradisional Abang-None
Sumber :
  • Youtube Setpres

Padang – Isu memanas antara Presiden Jokowi dan PDIP menjadi perhatian publik menjelang Pilpres 2024. Isu ini mencuat kembali setelah PDIP tidak mengusung Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres.

Masyarakat Sumbar Dari Kacamata Anies Baswedan

Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) Vishnu Juwono menilai eskalasi hubungan Jokowi dan PDIP berpotensi mengganggu stabilitas politik. Hal ini dikhawatirkan karena PDIP merupakan partai penguasa dengan kursi terbanyak di DPR.

Vishnu juga menyoroti pernyataan Hasto yang menyebut para kader PDIP merasa tersandera karena harus mendukung Gibran sebagai cawapres Prabowo. Hal ini dinilai Vishnu dapat mengancam stabilitas pemerintah.

Anies Sebut Ada Upaya Menggeser Percakapan Pilpres ke Pilkada

PDIP merupakan partai penguasa dengan kursi terbanyak di DPR. Partai ini juga memiliki representasi terbesar di kabinet Indonesia Maju.Beberapa menteri di kabinet Indonesia Maju merupakan kader PDIP, antara lain Yasonna Laoly, Pramono Anung, dan Tri Rismaharini.

Posisi para menteri PDIP menjadi dilematis. Mereka harus memilih antara loyalitas kepada Presiden atau kepada partai.Isu ini berpotensi mengganggu jalannya Pilpres 2024. Oleh karena itu, penting untuk menjaga stabilitas politik

Terkait Pemberian Gelar Jenderal TNI Kehormatan kepada Prabowo, Kritik Muncul atas Kenaikan Pangkat