Jusuf Kalla Dorong Pemerintah RI Lakukan Diplomasi Kemanusiaan ke AS 

Jusuf Kalla
Sumber :
  • Padang Viva/Andri Mardiansyah

Padang – Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla, mendorong pemerintah Indonesia untuk melakukan diplomasi ke AS guna menghentikan serangan Israel ke Palestina.

Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina Tiba di Mesir

JK beralasan, diplomasi yang dilakukan secara sendiri-sendiri oleh masing-masing negara yang mendukung kemerdekaan Palestina tidak akan berhasil.

JK berpendapat bahwa berbagai upaya diplomasi yang dilakukan melalui perantara Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) selama ini tidak pernah efektif karena Israel dipastikan tidak akan patuh kepada siapapun, kecuali kepada pemerintah AS.

Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2024 di Padang Panjang Tuntas

Oleh karena itu, Jusuf Kalla meminta Presiden Joko Widodo untuk melakukan upaya diplomasi guna mempengaruhi negara-negara lain melalui pendekatan kemanusiaan.

JK menilai, pendekatan kemanusiaan itu dapat menjadi benang merah yang akan menyatukan dukungan bagi Palestina, saat pendekatan politik dinilai tak lagi mempan untuk meminta dorongan negara lain guna membantu Palestina.JK pun meminta Presiden Jokowi untuk melancarkan diplomasi kemanusiaan secara besar-besaran.

Presiden Resmikan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat Losari Makassar