Pemprov Sumbar Diminta Serius Perbaiki Jalan Provinsi yang Rusak

Ilustrasi jalan rusak dan berlobang
Sumber :
  • Pixabay

Padang – Anggota Komisi IV DPRD Sumbar, Budiman, meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar melalui dinas Bina Marga Cipta Karya dan Tata Ruang (BMCKTR) untuk segera memperbaiki jalan provinsi yang rusak di kabupaten dan kota.

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

Budiman mengatakan, berdasarkan laporan Dinas BMCKTR, realisasi anggaran pemeliharaan jalan provinsi pada tahun 2023 mencapai 99 persen. Namun, kondisi jalan provinsi di lapangan masih banyak yang rusak.

"Saya memiliki keprihatinan atas banyaknya jalan provinsi yang mengalami kerusakan. Hal ini begitu dikeluhkan masyarakat," kata Budiman dikutip dari siaran persnya, Kamis 18 Januari 2024.

PDI Perjuangan Sumatera Barat Menang Atas Gugatan Leo Murphy

Budiman mengatakan, kerusakan jalan provinsi ini banyak ditemukan di daerah pemilihannya di Kabupaten Tanah Datar. Menurutnya, kerusakan jalan provinsi di daerah itu banyak sekali terdapat lobang, bahkan dibeberapa tempat ada yang sudah ditanami pisang oleh masyarakat.

"Sejumlah ruas jalan yang mengalami kerusakan itu diantaranya Jalan Kubu Kerambil menuju Batu Sangkar, Ombilin ke Batu Sangkar, Baso ke Batu Sangkar, Piladang ke Batu Sangkar, Halaban Lintau ke Sijunjung," ujarnya.

PSPS Siap Tempur! Luncurkan Tim dan Jersey Baru Jelang Kick Off Liga 3 Putaran Nasional

Budiman menilai, perbaikan jalan provinsi yang dilakukan oleh Pemprov Sumbar masih belum maksimal. Panjang jalan yang diperbaiki masih jauh dari panjang jalan yang mengalami kerusakan.

"Saya lihat ada dilakukan perbaikan, tapi yang diperbaiki itu pendek sekali, seperti sepanjang 50 meter. Sementara jalan yang mengalami kerusakan ada yang 4 sampai 5 kilometer," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title