Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN 2024 Dimulai 

Peluncuran PMB Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri
Sumber :
  • Kemenag RI

PadangMenteri Agama Yaqut Cholil Qoumas resmi meluncurkan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) tahun 2024. Peluncuran itu, sudah dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia pada Jumat kemarin.

KemenpanRB Setujui 110.553 Formasi Usulan Kemenag untuk Calon ASN 2024

Ia pun meminta jajaran PTKIN untuk membuat cara-cara kreatif agar menarik minat pelajar untuk mendaftar di kampusnya. 

"Saya minta PTKIN agar memiliki cara-cara kreatif agar dapat menarik minat para pelajar untuk mendaftar di sini," kata Yaqut Cholil Qoumas, Sabtu 20 Januari 2024.

Pemprov Sumbar Perkuat Kerjasama Dengan Kerajaan Arab Saudi

Selain itu, Gus Men juga meminta PTKIN untuk melakukan benchmarking kepada perguruan tinggi lain yang lebih baik. Ia mengimbau agar jangan berpuas diri karaena ini menjadi pekerjaan rumah kita semua untuk meningkatkan kualitas PTKIN," tandas Menag.

Terpisah, Ketua Pelaksana PMB PTKIN Nyanyu Khodijah menjelaskan, terdapat tiga jalur PMB PTKIN, yaitu Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN), Ujian Masuk (UM), dan jalur mandiri.

224 Siswa SMA Lolos Seleksi Paskibraka Tahap II di Solsel

"SPAN PTKIN atau Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri merupakan seleksi masuk berdasarkan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lainnya," ujar Nyanyu.

Ia menambahkan bahwa, pendaftaran untuk jalur SPAN PTKIN dibuka mulai 22 Januari 2024 dan hasilnya akan diumumkan pada 2 April 2024. Informasi seputar SPAN PTKIN dapat diakses melalui https://span.ptkin.ac.id/page.

Halaman Selanjutnya
img_title