Kampanye di Yogyakarta, Anies Kembali Ingatkan Negara Diatur Seluruh Warga Negara

Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi

Padang – Capres nomor urut 1 Anies Baswedan mengingatkan negara diatur oleh seluruh warga negara dan bukan milik satu golongan atau satu keluarga saja. Anies menekankan negara adalah milik seluruh rakyat yang ada di dalamnya.

Sah Menang, Prabowo Subianto Sampaikan Terima Kasih Untuk Rakyat Indonesia

“Ini adalah negeri milik seluruh rakyat Indonesia. Kita ingin mempertahankan jangan sampai jadi negara kekuasaan,” ujar Anies dalam kampanye akbar di Lapangan Jambidan, Bantul, Yogyakarta, Selasa (23/1/2024). 

Capres Koalisi Perubahan ini menjelaskan, negara harus berdiri berdasarkan asas hukum. Negara hukum merupakan negara yang penguasa diatur oleh hukum, sedangkan negara kekuasaan, penguasa mengatur hukum.

Masyarakat Sumbar Dari Kacamata Anies Baswedan

"Kita tidak ingin menjadi negara kekuasaan di mana hukum ditekak-tekuk sesuai kepentingan penguasa. Hukum diubah-ubah sesuai pemegang kekuasaan dan kemudian praktik-praktik pelanggaran dibiarkan," ucap Anies.

Sementara dalam kesempatan diskusi Desak Anies di Godean, Sleman, Anies berjanji akan menjadikan Jogja sebagai salah satu pusat kebudayaan Indonesia jika dirinya terpilih. 

Anies Sebut Ada Upaya Menggeser Percakapan Pilpres ke Pilkada

Diketahui, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masuk dalam 40 kota yang akan dikembangkan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar jika keduanya menjadi presiden dan wakil presiden.

"Kami memandang Jogja harus dijadikan sebagai salah satu bahkan bisa disebut pusat kebudayaan Indonesia, tempat penumbuhan budaya Indonesia," kata Anies, Selasa (23/1/2024).