BMKG Sebut Potensi Hujan Masih Tinggi di Awal Februari 2024

Ilustrasi Hujan
Sumber :
  • Pixabay

Padang – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan potensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat masih dapat terjadi di beberapa wilayah Indonesia hingga memasuki periode awal bulan Februari 2024. 

Banjir Tiga Kecamatan di Musi Rawas Utara Berangsur Surut

Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto mengungkap kondisi itu dipicu oleh beberapa faktor, yaitu aktivitas Monsun Asia yang disertai adanya potensi seruakan dingin sehingga berpengaruh terhadap peningkatan massa udara basah di wilayah Indonesia bagian barat dan selatan ekuator.

Lalu kata Guswanto, masih aktifnya gelombang ekuator Rossby dan Kelvin di sekitar wilayah Indonesia bagian tengah turut memicu pembentukan awan hujan.

Jelang HKBN 2024, Pemko Padang Matangkan Persiapan

"Terbentuknya pola belokan dan pertemuan angin yang memanjang di selatan ekuator sebagai dampak dari penguatan angin Monsun Asia. Berdasarkan analisis BMKG, berikut adalah potensi hujan di wilayah Indonesia pada periode 29 Januari - 4 Februari 2024,"kata Guswanto, Senin 29 Januari 2024.

Ilustrasi Cuaca Ekstrem

Photo :
  • Pixabay
Tragedi Tanah Longsor Tana Toraja: 20 Korban Meninggal Dunia Ditemukan Tim Gabungan 

Untuk Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara kata Guswanto, secara umum berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Potensi hujan lebat dan angin kencang sesaat, diprediksi akan terjadi di beberapa wilayah seperti sebagian Tangerang, Kabupaten. Bogor, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu.

Sedangkan untuk wilayah Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi, secara umum berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Maluku dan Papua juga secara umum berpotensi hujan dengan intensitas lebat, dengan potensi gelombang tinggi di beberapa wilayah perairan.

Halaman Selanjutnya
img_title